PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DIORAMA PAPERCRAFT TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS X SMA NEGERI 10 PALEMBANG

Authors

  • Dian Nuzulia

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v14i1.564

Abstract

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengaruh Media Diorama Papercraft terhadap kemampuan menulias cerpen siswa kelas X SMA Negeri 10 Palembang. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X.3 SMA Negeri 10 Palembang yang berjumlah 34 orang siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis diperoleh simpulan ada pengaruh yang signifikan media Diorama Papercraft  terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 10 Palembang. Hal ini ditunjukkaan setelah dilakukan pengujian mean tes awal dan tes akhir dengan harga thitung lebih besar dari pada ttabel, yaitu 6,36>1,70. Hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima dengan bukti media Diorama Papercraft lebih efektif digunakan dalam pembelajaran menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 10  Palembang. Dari jumlah tersebut terdapat 30 orang siswa atau 88,2% yang nilainya melebihi KKM dan untuk siswa yang nilainya sesuai dengan KKM terdapat 4 orang siswa atau 11,8%.

 

Kata Kunci: Media Diorama Papercraft, Menulis Cerpen.

Downloads

Published

2016-08-02