MENGAJAR MEMBACA TEKS DESKRIPTIF MELALUI KELOMPOK BELAJAR

Authors

  • Herlina Herlina

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v12i3.57

Abstract

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah "apakah efektif mengajar membaca teks deskritif melalui kelompok belajar kepada mahasiswa semester kedua program studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas PGRI Palembang?"  Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektif atau tidak mengajar membaca teks deskriptif melalui kelompok belajar kepada mahasiswa semester kedua program studi Pendidikan Bahasa Inggris. Berdasarkan hasil analisis data, terjadi peningkatan prestasi siswa. Hal ini terlihat dari perbedaan antara pre-test dan post-test. Rata-rata pre-test adalah 59,5 dan rata-rata post-test adalah 73,1 dan skor reabilitas (realibility) adalah 0.72.  Dalam hasil uji t cocok, itu menunjukkan bahwa nilai dari t-test cocok lebih tinggi dari t-tabel.  Hasil perhitungan uji t cocok adalah 11.92 dan t-tabel 1,684 dengan taraf signifikansi 5% dalam pengujian satu sisi.  Kemudian, hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dapat disimpulkan bahwa efektif mengajar membaca teks deskriptif melalui kelompok belajar kepada semester kedua program studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas PGRI Palembang.

 

Kata Kunci: Mengajar, Membaca, Teks Deskriptif, Kelompok Belajar

Downloads

Published

2015-01-27

How to Cite

Herlina, H. (2015). MENGAJAR MEMBACA TEKS DESKRIPTIF MELALUI KELOMPOK BELAJAR. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 12(3). https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v12i3.57