PENERAPAN PEMBELAJARAN JOYFULL LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DI SMA KARYA IBU PALEMBANG

Authors

  • Jumroh Jumroh
  • Destri Winarti

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v14i1.570

Abstract

Abstrak

Model Joyfull Learning merupakan pembelajaran yang menyenangkan dan menarik sehingga siswa dapat memusatkan perhatian terhadap pembelajaran yang sedang dijalani. Pembelajaran ini didesain sedemikian rupa sehinggga memberikan suasana penuh keceriaan dan tidak membosankan bagi peserta didik. Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah hasil belajar siswa melalui pembelajaran  Joyfull Learning dengan menggunakan Multimedia Interaktif pada mata pelajaran matematika di SMA Karya Ibu Palembang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu. Subjek dalam penelitian ini adalah 30 siswa kelas X.1. Variabel dalam penelitian ini adalah Hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan nilai kualitatif. Hasil belajar siswa dilihat dari hasil tes akhir siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel yang menunjukkan bahwa hasil belajar siswa melalui pembelajaran Joyfull Learning dengan menggunakan Multimedia Interaktif pada mata pelajaran matematika di SMA Karya Ibu Palembang tergolong baik dengan rata-rata 72,56.

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran Joyfull Learning, Hasil Belajar Siswa

Downloads

Published

2016-08-02