PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 06 OGAN KOMERING ULU

Authors

  • Supiah Supiah

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v14i1.571

Abstract

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa dengan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 06 Ogan Komering Ulu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dengan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 06 Ogan Komering Ulu. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil penelitian,  diperoleh bahwa penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran IPA materi gaya dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini terindikasi dari adanya peningkatan hasil tes belajar siswa yang rendah meningkat ke lebih tinggi, dibuktikan dengan peningkatan nilai KKM pada prasiklus 33,33% siswa yang tuntas dan yang belum tuntas sebanyak 66,67% dengan rata-rata kelasnya adalah 57,50, pada siklus I. Pada siklus II sebanyak 75,00% siswa telah tuntas dan yang belum tuntas sebanyak 25% dengan rata-rata kelasnya adalah 68,54.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Demonstrasi

Downloads

Published

2016-08-02