KEEFEKTIFAN STRATEGI PUSAKA DAN KEMAMPUAN BERNALAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 OGAN KOMERING ULU

Authors

  • Yanti Sariasih

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v14i1.572

Abstract

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah keefektifan strategi pusaka dan kemampuan bernalar terhadap kemampuan menulis karangan argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 5 OKU. Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu dengan rancangan pretes and postest control group. Sampel penelitian ini adalah kelas X.1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 35 siswa dan kelas X.4 sebagai kelas kontrol berjumlah 35 siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan menulis karangan argumentasi siswa yang belajar dengan strategi pusaka lebih baik dan signifikan dibandingkan dengan kemampuan menulis karangan argumentasi siswa yang belajar dengan strategi konvensional dengan perbandingan  nilai rata-rata 73,00 dan 67,88. Siswa dengan kemampuan bernalar tinggi yang belajar dengan strategi pusaka memberikan hasil menulis karangan argumentasi lebih baik daripada siswa dengan kemampuan bernalar tinggi yang belajar dengan strategi konvensional dengan perbandingan nilai rata-rata 87,00 dan 80,81. Hal ini membuktikan dengan adanya pengaruh antara strategi pusaka dan kemampuan bernalar terhadap kemampuan menulis karangan argumentasi siswa.

 

Kata Kunci: Strategi Pusaka, Bernalar, Karangan Argumentasi

Downloads

Published

2016-08-02