KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI MELALUI MODEL PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BANYUASIN II

Authors

  • Nyayu Devi Natalia

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v12i3.60

Abstract

Abstrak

           Masalah penelitian ini adalah bagaimanakah kemampuan menulis deskripsi dapat ditingkatkan melalui model picture and picture pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Banyuasin II. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan  menulis deskripsi serta kesan siswa terhadap pemanfaatan model picture and picture siswa kelas VII SMP Negeri 1 Banyuasin II. Prosedur penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Siklus yang dilakukan dalam penelitian ini terdapat dua siklus. Berdasarkan analisis data melalui model picture and picture dalam menulis deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Banyuasin II, rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan selama dilakukan penelitian dalam 2 siklus, dari rata-rata 68,54% pada akhir siklus I tindakan pertama, meningkat menjadi 71,19% pada akhir siklus II tindakan kedua. Ketuntasan belajar klasikal mengalami peningkatan selama pada siklus II, dari rata-rata 86,29% pada akhir siklus I tindakan pertama, meningkat menjadi 93,54% pada tindakan kedua.

              

Kata Kunci: Model Picture and Picture, Menulis Deskripsi

Downloads

Published

2015-01-27

How to Cite

Natalia, N. D. (2015). KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI MELALUI MODEL PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BANYUASIN II. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 12(3). https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v12i3.60