Rancangan Program Pelayanan Konseling pada Masa Pandemi Berbasis Konseling Ego (Studi di SMA Swasta Intensif Nurul Ikhlas Panyalaian)

Authors

  • Shofie Istiqomah STKIP PGRI Sumatera Barat
  • Rahma Wira Nita STKIP PGRI Sumatera Barat)
  • Triyono Triyono STKIP PGRI Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v19i3.6396

Keywords:

Model Konseling Ego, Maladjusment, Rancangan Program

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasikan maladjusment remaja berbasis konseling ego dan membuat rancangan program pelayanan konseling berdasarkan identifikasi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Intensif Nurul Ikhlas Panyalaian-Padang Panjang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan populasi seluruh peserta didik sebanyak 148 peserta didik. Dengan penarikan sampel menggunakan menggunakan teknik stratified random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 141 peserta didik. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket sedangkan untuk analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan teknik presentase. Hasil identifikasi penelitian maladjusment remaja berbasis konseling ego   dapat memudahkan guru bimbingan dan konseling (BK) dalam merancangan program pelayanan sesuai dengan maladjusment nilai-nilai yang kaku, individu tidak bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan (keterasingan, kurang berfikir jernih, tidak memperhitungkan untung dan ruginya dan kecemasan. Berdasarkan rancangan program pelayanan konseling pada masa pandemi berbasis model konseling ego di SMA Swasta Intensif Nurul Ikhlas Panyalaian-Padang Panjang ini ada beberapa rancangan program layanan untuk direkomendasikan kepada guru BK agar lebih meminimalisir maladjustment melalui layanan-layanan konseling.

References

Ariani, P. (2017a). Profil Bentuk Tingkah Laku Salah Suai Peserta Didik Dilihat Dari Pendekatan Konseling Ego (Studi Di Kelas VII Dan VIII SMP N 3 Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat), JURNAL. Padang : STKIP PGRI Sumbar.

Bariyyah Hidayati, K., & . M. F. (2016). Konsep Diri, Adversity Quotient dan Penyesuaian Diri pada Remaja. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 5(02), 137–144. https://doi.org/10.30996/persona.v5i02.730.

Baety, D. N., & Munandar, D. R. (2021). Analisis Efektifitas Pembelajaran Daring dalam Menghadapi Wabah Pandemi COVID-19. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 880–889.

Hendri, N. (2013). Model-Model Konseling. Jakarta: Perdana Publishing

Mulyadi, M. (2011). Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Serta Pemikiran Dasar Menggabungkannya [Quantitative and Qualitative Research and Basic Rationale to Combine Them]. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 15(1), 128.

Murti, N. F. (2020). Universitas Muhammadiyah Magelang. Mangelang: UMM 13.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Jakarta: Alfabeta.

Taufik. (2012). Model-Model Konseling. Padang: UNP.

Downloads

Published

2021-09-28