PROSES BELAJAR SASTRA DI KELAS PROSA (SEBUAH STUDI KUALITATIF DI SEMESTER KEEMPAT PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG)

Authors

  • Herlina Herlina

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v11i2.647

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran karya sastra di kelas prosa.  Dan penelitian ini terjadi di dua kelas prosa jurusan Bahasa Inggris tepatnya, pada semester empat jurusan bahasa inggris-Universitas PGRI Palembang.  Peneliti meneliti bagaimana respon siswa di dua kelas prosa dan bagaimana sudut pandang mereka terhadap pembelajaran sastra di kelas prosa.  Peneliti menggunakan metode kualitatif sebagai alat untuk mengumpulkan data. Dua kelas prosa diobservasi dan direkam ketika proses belajar berlangsung.  Siswa dan guru diwawancara dan peneliti juga mengumpulkan dokumen-dokumen penting sebagai bahan dalam pengolahan data.  Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan sepuluh kuesioner dan dari data kuesioner tersebut dilampirkan sehingga dapat menjelaskan bagaimana siswa menerima materi perkuliahan selama berada di kelas.  Hasil observasi yang direkam dan interview, kemudian semua data tersebut disusun, dikategorikan dan terakhir peneliti menginterpretasikannya.

Kata kunci: pembelajaran sastra, strategi respon pembaca, proses pembelajaran, respon siswa, karya sastra.

Downloads

Published

2016-09-05