Isu-Isu Mutakhir Dalam Pelayanan Di Bidang Pendidikan

Authors

  • Djunaidi Djunaidi Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v19i3.6645

Keywords:

Isu-isu Mutakhir, Pelayanan, Bidang Pendidikan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui isu isu mutakhir apa saja yg terjadi sekarang dalam pelayanan di bidang pendidikan. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan memaparkan atau menggambarkan  keadaan, kondisi, situasi, peristiwa, kegiatan-kegiatan, dan lain-lain.  Penelitian ini menggunakan data sekunder, data sekunder merupakan data yang diperoleh dari sumber kedua atau sumber sekunder dari data yang di butuhkan.   Hasil penelitian didapat 3 faktor utama dalam pelayanan pendidikan  yaitu rendahnya mutu pendidikan, rendahnya dalam pemanfaatan IPTEK dan pelayanan publik bidang sarana dan prasarana. Rendahnya mutu dalam pendidikan disebabkan oleh faktor model belajar siswa, perubahan kurikulum dan kemampuan guru dalam mengajar. Rendahnya dalam pemanfaatan IPTEK yang harus diperbaiki adalah kualitas guru dalam proses pembelajaran. Kualitas pelayanan yang harus diperbaiki juga memberikan pelatihan atau bimbingan kepada guru-guru yang belum melek teknologi dan melengkapi sarana prasarana. Pelayanan publik bidang sarana dan prasarana dikarenakan kualitas guru dan kelengkapan sarana prasarana yang harus dipenuhi.

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Bhakti, Y. B. (2017). Indeks Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Program Studi Pendidikan Matematika. Formatif, 7 (3), 277.

Jasfar, F. (2006). Manajemen Jasa Pendekatan Terpadu. Ciawi Bogor: Ghalia Indonesia.

Kotler, P., & Kevin Lane Keller. (2016). Marketing Managemen. New Jersey: 15th Edition, Pearson Education,Inc.

Kriyantono, R. (2012). Public Relation & Cirsis management (pendekatan critical public relation, etnografi kritis & kualitatif). Jakarta: Kencana, Perdana Media Group.

Lesmana, R., & Ratnasari. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen PT. Radekatama Piranti Nusa. Pemasaran Kompetitif, 2 (2), 118.

Maulana, A. S. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelayanan PT. TOI. Ekonomi, 7 (2), 117.

Nurkholis. (2013). Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologi. Pendidikan, 1 (1), 26.

Prasastono, N., & Pradapa, S. Y. (2012). Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Kentucky Fried Chicken Semarang Candi. Dinamika Kepariwisataan, XI (2), 16.

Prayudi. (2016). Manajemen Isu & Krisi. Yogyakarta: CV Mitra Printing.

Saputra, A. (2018). Pendidikan Anak Pada Usia Dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 10 (2), 194.

Sinambel, L. P. (2006). Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujana, I. W. (2019). Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Pendidikan Dasar, 4 (1), 29.

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa–Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.

Umami, P. R. (2017). Manajemen Isu di Instansi Pemerintah dalam Mempertahankan Citra Organisasi. UNJ, 4.

Vonstania, D., Muttaqien, F., & Musringah. (2018). Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Pendidikan Terhadap Kepuasan Peserta. Riset Manajemen, 1 (2), 21.

Wahab, W. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Industri Perbankan Syariah di Kota Pekanbaru. Maqdis: Jurnal Kajian Ekonomi Islam , 51.

Wasitohadi. (2014). Hakekat Pendidikan dalam Perspektif Jhon Dewey Tinajuan Teoritis. Satya Widya, 3 (1), 55.

Widiansyah, A. (2017). Peran Ekonomi dalam Pendidikan dan Pendidikan dalam Pembangunan Ekonomi. Cakrawala, XVII (2), 209.

Downloads

Published

2021-09-28