Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Budaya Sekolah dan Permasalahan Sekolah di SD Negeri Jatisari

Authors

  • Nai’lah Cahaya Putri Universitas Negeri Semarang
  • Syahwa Putri Restivalia Universitas Negeri Semarang
  • Siswandi Siswandi Universitas Negeri Semarang
  • Edo Maulana Universitas Negeri Semarang
  • Dini Agustin Universitas Negeri Semarang
  • Nazaruddin Akhmad Universitas Negeri Semarang
  • Didi Pramono Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v20i2.6811

Keywords:

Budaya Sekolah, Permasalahan, Covid-19

Abstract

Pandemi Covid -19 memberikan dampak yang luar biasa di berbagai bidang kehidupan. Salah satu dampak pandemic Covid-19 terjadi di bidang Pendidikan khusunya pada Budaya dan permasalahan sekolah. Tujuan penulisan artikel ini untuk mengetahui bagaimana perubahan budaya sekolah yang terjadi di SD negeri Jatisari, Permasalahan pembelajaran di SD Negeri Jatisari dan Solusi pengentasan masalah pembelajaran di SD Negeri Jatisari. Metode penelitian karya ilmiah ini menggunakan metode kualitatif. Metode kualitatif ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis permasalahan dan perubahan sosial budaya dalam sistem pendidikan SD N Jatisari di masa pandemi Covid-19. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi, serta study literatur. Dalam melakukan penelitian, peneliti melakukan observasi secara langsung ke SD Negeri Jatisari dan melakukan wawancara secara langsung kepada narasumber guru SD Negeri Jatisari . Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perubahan budaya sekolah SD Negeri Jatisari sebelum pandemi covid-19 dan pada saat terjadi pandemi covid-19, kemudian saat pandemic Covid-19 di Negeri Jatisari menghadapi beberapa problematika pembelajaran, Para Guru SD Negeri Jatisari membuat beberapa strategi untuk pelaksanaan pembelajaran dari rumah

References

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61.

Efianingrum, A. (2013). Kultur Sekolah. Jurnal Pemikiran Sosiologi, 2(1).

Hikmat, H., Hermawan, E., Aldim, A., & Irwandi, I. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19: Sebuah survey online. LP2M.

Maryamah, E. (2016). Pengembangan Budaya Sekolah. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 2(02), 86-96.

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Hyun, C. C., Wijayanti, L. M., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online Di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1- 12.

Sugiyono, S. (2020). Problematika Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar.

Sukadari, S., Suyata, S., & Kuntoro, S. A. (2015). Penelitian Etnografi Tentang Budaya Sekolah Dalam Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 3(1), 58-68.

Supraptiningrum, S., & Agustini, A. (2015). Membangun Karakter Siswa Melalui Budaya Sekolah Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, (2).

Teguh, M. (2020). Gerakan Literasi Sekolah. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 1(2), 1-9. Widodo, H. (2017). Manajemen Perubahan Budaya Sekolah. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 287-306.

Downloads

Published

2022-05-20