Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions Terhadap Pembelajaran Tari Tanggai
DOI:
https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v19i3.6984Keywords:
Metode Kooperatif Tipe STAD, Pembelajaran Tari TanggaiAbstract
Tujuan untuk mengetahui adakah Pengaruh Metode Kooperatif Model STAD (Student Team Achievement Divisions) Terhadap Pembelajaran Tari Tanggai pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Palembang. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode Eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Palembang, sedangkan sampel kelas yang digunakan adalah kelas VIII7. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik purposive sample. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan tes mempraktekkan ragam gerak tari tanggai. Berdasarkan pengujian normalitas didapatkan data terdistribusi normal, maka analisis data tes akhir yang telah diuraikan dapat diketahui uji t hipotesis dengan thitung > ttabel dengan thitung = 5,03 dan t0,05 dan dk = 40 diperoleh ttabel = 2,02 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima atau thitung > ttabel atau 5,03 > 2,02. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif penggunaan metode kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar pembelajaran tari Tanggai pada siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Palembang.
References
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Dirman. 2014. Teori Belajar dan Prinsip Pembelajar yang Mendidik. Jakarta: Rineka Cipta
Djamarah, Bahri Syaiful dan Aswan Zain. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Alfabeta