Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions Terhadap Pembelajaran Tari Tanggai

Authors

  • Nurdin Nurdin Universitas PGRI Palembang
  • Fadhilah Hidayatullah Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v19i3.6984

Keywords:

Metode Kooperatif Tipe STAD, Pembelajaran Tari Tanggai

Abstract

Tujuan untuk mengetahui adakah Pengaruh Metode Kooperatif Model STAD (Student Team Achievement Divisions) Terhadap Pembelajaran Tari Tanggai pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Palembang. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode Eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Palembang, sedangkan sampel kelas yang digunakan adalah kelas VIII7. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik purposive sample. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan tes mempraktekkan ragam gerak tari tanggai. Berdasarkan pengujian normalitas didapatkan data terdistribusi normal, maka analisis data tes akhir yang telah diuraikan dapat diketahui uji t hipotesis dengan thitung > ttabel dengan thitung = 5,03 dan t0,05 dan dk = 40 diperoleh  ttabel = 2,02 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima atau  thitung > ttabel  atau 5,03 > 2,02.  Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif penggunaan metode kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar pembelajaran tari Tanggai pada siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Palembang.

Author Biography

Nurdin Nurdin, Universitas PGRI Palembang

Universitas PGRI Palembang

References

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Dirman. 2014. Teori Belajar dan Prinsip Pembelajar yang Mendidik. Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah, Bahri Syaiful dan Aswan Zain. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Alfabeta

Downloads

Published

2021-09-28