Hubungan Kontrol Diri Dengan Perilaku Konsumtif Siswa SMA Negeri 1 Rambang Dangku

Authors

  • Suci Rahmi Shela UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG
  • Nurlela Nurlela Universitas PGRI Palembang
  • Ramtia Darma Putri Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v19i3.7052

Keywords:

Kontrol diri, Perilaku konsumtif

Abstract

Remaja memiliki karakteristik yang membutuhkan pengakuan dari lingkungan sosialnya dan memiliki emosi yang labil. Dalam keadaan tersebut, remaja memiliki kemampuan mengendalikan diri atau kontrol diri yang lemah, sehingga mereka mengambil tindakan berdasarkan emosi semata. Tindakan yang dimaksud salah satunya adalah tindakan dalam membeli dan berujung pada timbulnya perilaku konsumtif.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat perilaku konsumtif, tingkat kontrol diri, dan hubungan antara kontrol diri dengan perilaku konsumtif pada siswa SMAN 1 Rambang Dangku. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional, Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMAN 1 Rambang Dangku. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh sampel sejumlah 60 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan analisis data 2 angket yaitu angket perilaku konsumtif dan angket kontrol diri. Pengskalaan yang digunakan adalah model Likert. Berdasarkan hasil penyekoran dan pengujian yang bersifat deskriptif dan sistematis, tingkat perilaku konsumtif siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Rambang Dangku Kabupaten Muara Enim berada dalam kategori rendah sebesar 73% yakni 44 siswa dan tingkat kontrol diri siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Rambang Dangku Kabupaten Muara Enim berada dalam kategori sedang sebesar 83% yakni 50 siswa.  Berdasarkan hasil uji hipotesis, terdapat hubungan positif yang signifikan dalam hubungan kontrol diri dengan perilaku konsumtif siswa.

References

Chita, dkk. (2015). Tingkat Kontrol Diri Individu dan Tujuan yang Diinginkan. Vol 8 No 1. 2015

Ferdiansyah, M. 2015. Dasar Penelitian Kualitatif. Bogor: Herya Media.

Ghufron, M.N & Risnawita, R.S. (2017). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz.

Hanum. (2012). Hubungan kontrol diri dengan perilaku konsumtif negatif dan positif (Vol. 15). Yogyakarta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung : ALFABETA.

Sumartono. (2012). Kontrol Diri dan Perilaku Konsumtif dan Cara Penanggulangannya. Yogyakarta.

Triyahningsih .2011.. Konseling individual teknik modeling simbolis terhadap kontrol diri. Jurnal konseling. Vol 2 No1. Juni 2016.

Widodo. 2016. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.

Yusuf. (2019). Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan:Teori-Aplikasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2021-09-28