Rancangan Program Pelayanan Konseling pada Masa Pandemi Berbasis Model Pendekatan Psikologi Individual

Authors

  • Islamiatul Niza STKIP PGRI Sumatera Barat
  • Rahma Wira Nita STKIP PGRI Sumatera Barat
  • Triyono Triyono STKIP PGRI Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v19i3.7091

Keywords:

Maladjusment, Psikologi Individual, Program

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi maladjustment remaja berbasis pendekatan psikologi individual dan membuat rancangan program pelayanan konseling remaja masa pandemi berbasis analisis maladjustment model pendekatan psikologi individual. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, populasi penelitian ini peserta didik di SMP Negeri 3 Sijunjung sebanyak 277 peserta didik. Sampel penelitian sebanyak 164 peserta didik menggunakan teknik stratified random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan teknik presentase.  Hasil penelitian tentang rancangan program pelayanan konseling pada masa pandemi berbasis model pendekatan psikologi individual di SMP Negeri 3 Sijunjung dilihat dari hasil identifikasi maladjustment remaja berbasis psikologi individual berada pada kategori sedikit dan rancangan program pelayanan konseling berdasarkan hasil identifikasi maladjustment diberikan dalam bentuk materi yang disesuaikan dengan meladjustment yang muncul dan diberikan layanan yang sesuai. Berdasarkan hasil penelitian ini direkomendasi dari guru BK agar dapat meminimalisir maladjustment yang banyak dilakukan

References

Agustina, I., & Lukitaningsih, R. (2014). Penerapan Strategi Reframing untuk Mengurangi Perasaan Rednah Diri Siswa Kelas VII-H SMP NEGERI 1 Jogoharjo Ngawi. Jurnal BK, 4(3), 710–717.

Alwisol. (2007). Psikologi Kepribadian. Malang: UniversitaS Muhammadiyah Malang Press.

Bayani, I. (2009). Attactment Pada Ayah Dan Penerimaan Peer-Group Dengan Resiliensi Study Kasus Pada Siswa Laki-Laki Di Tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jurnal Soul, 2(2), 33–61.

Dalyono. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Rahmadhatul, Idola. (2019). “Model Rancangan Program Pelayanan Konseling Berbasis Tugas Perkembangan (studi pada Peserta Didik Kelas Tinggi di SD Negeri 04 Kampung Batu Dalam Kacamatan Danau Kemabr Kabupaten Solok). Skripsi Bimbingan Dan Konseling. STKIP PGRI SUMBAR. Padang

Rizal, Yose. (2010). Jangan Berputus Asa. Jakarta: Media Setia Karya.

Sabrina, H. (2016). JURNAL PLANS Penelitian Ilmu Manajemen & Bisnis. 114–120.

Taufik. (2012). Model-Model Konseling. Padang: UNP Press.

Volume, J. R., Oktober, E., Fip, K., & Mataram, I. (2019). Jurnal Realita Bimbingan dan Konseling. 4, 761–874.

Yusuf, A. Muri,. (2005). Metodologi Penelitian (Dasar-Dasar Penyelidikan Ilmiah). Padang: UNP Press

Downloads

Published

2021-09-28

How to Cite

Niza, I., Nita, R. W., & Triyono, T. (2021). Rancangan Program Pelayanan Konseling pada Masa Pandemi Berbasis Model Pendekatan Psikologi Individual. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 19(3), 342–352. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v19i3.7091