Pengaruh Model Pembelajaran Teaching Games For Understanding untuk Meningkatkan Hasil Belajar Lay Up Shoot Basket

Authors

  • Agung Mahendra Universitas PGRI Palembang
  • Muhsana El Cintami Lanos Universitas PGRI Palembang
  • Oscar Ortega Graciano Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v19i3.7146

Keywords:

Model teaching games for understanding, hasil lay up shoot

Abstract

Pengaruh model pembelajaran Teaching Games For Understanding untuk meningkatkan hasil belajar lay up shoot bola basket ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Teaching Games For Understanding untuk meningkatkan hasil belajar lay up shoot bola basket pada siswa kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 1 Riau Silip. Metode Penelitian ini yang digunakan adlah metode eksperimen (pretest dan postest design). Variabel penelitian adalah variabel bebas yaitu model pembelajaran Teaching Games For Understanding sedangkan variabel terikat yaitu hasil lay up shoot. populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Riau Silip yang berjumlah 115 orang, sedangkan sampel pada penelitian ini yaitu siswa pada kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Riau Silip yang berjumlah 32 orang. Sehingga disebut penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan lembar Observasi sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sedangkan teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji t.  Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Teaching Games For Understanding untuk meningkatkan hasil belajar lay up shoot bola basket pada siswa kelas XI Ips 1 SMA Negeri 1 Riau Silip.

References

Amirzan, & Sumarjo. (2021). Pengaruh Pendekatan Bermain Terhadap Kesegaran

Jasmani Siswa Sma Negeri 1 Sigli. Education Enthusiast: Jurnal Pendidikan Dan Keguruan , Vol 1 No 1.

Candra, O. (2019). Keterampilan Lay Up Shoot Bola Basket. Surabaya:Media Sahabat Cendekia.

Fajri, A. Y., & Muhammad, H. N. (2021). Penerapan Pendekatan Permainan Modifikasi Terhadap Hasil Belajar Dribbling Sepak Bola. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan , Vol 9. No. 1.

Marliani, N. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Modelpembelajaran Missouri Mathematics Project (Mmp). Jurnal Formatif , 5 (1), 22.

Muhyi, M. (2009). Meningkatkan Kebugaran Jasmani Melalui Permainan Dan Olahraga Bola Basket. Tanggerang: Gresindo.

Munawaroh, R., Subali, B., & Sopyan, A. (2012). Penerapan Model Project Based Learning Dan Kooperatif. Unnes Physics Education Journal , 1 (1), 34.

Rahman, A., Haetami, M., & Triansyah, A. (2018). Pengaruh Pendekatan Bermain Sirkuit Terhadap Hasil Belajar Dribbling Sepak Bola Pada Siswi Smp. Khatulistiwa , Vol 17. No.1.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Umbara, C. (2016). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas Dan Peraturan Pemerintah Ri Tahun 2015 Tentang Standar Nasional Pendidikan Serta Wajib Belajar. Bandung: Citra Umbara.

Utama, A. B. (2011). Pembentukan Karakter Anak Melalui Aktivitas Bermain Dalam Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia , 8 (1), 1-2.

Downloads

Published

2021-09-28