Penerapan Model Project Based Learning (PJBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Mata Pelajaran Geografi
DOI:
https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v20i2.7150Keywords:
learning, project based learning, creative thinking skillsAbstract
Penelitin ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran geografi di MA Nurul Iman Ujung Tanjung, metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen, materi yang digunakan tetang posisi strategis Indonesia sebagai poros maritim dunia dengan memberikan perlakuan pada kelas eksperimen berupa pembuatan peta perbatasan laut Indonesia dengan 10 negara tetangga dibuat perindividu yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa, pada kelas kontrol hanya menggunakan model pembelajaran konvensional, hasil yang diperoleh dari nilai rata-rata kelas eksperimen 82 dan kelas kontrol 68,25. analisis data dengan menggunakan uji-t diperoleh thitung = 19,09 > ttabel = 1,664 yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak, sehingga ada pengaruh dalam penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa di MA Nurul Iman Ujung Tanjung.
References
Abidin, Z., Arizona, K., Barat, N. T., Studi, P., & Fisika, T. (2020).Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar Di Tengah Pandemi Covid-19.
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Ayu Anggieh, Misdalina, N. (2019). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Peserta Didik Kelas Xi Ips Di Sma N 1 Talang Ubi Kabupaten Palu Ayu Anggiehla, Misdalina, Nuranisa.4(1), 33–38.
Budiarti, Y. (2015). Pengembangan Kemampuan Kreativitas Dalam Pembelajaran. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 3(1), 61–72.
Fitriarosah, N. (2016). Pengembangan Instrumen Berpikir Kreatif Matematis Untuk Siswa Smp. Pengembangan Instrumen Berfikir Kreatif Matematis Untuk Siswa SMP, 1(1997), 243–250.
Mahmudi, A. (2008). Tinjauan Kreativitas dalam Pembelajaran Matematika. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 37–49.
Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh). 4(2), 30–36.
Sari, W., Rifki, A. M., & Karmila, M. (2020). Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Darurat Covid 19. 1.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: ALFABETA.
Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: ALFABETA.
Yuliana, C. (2020). Project based learning , model pembelajaran bermakna di masa pandemi covid 19. LPMP Lampung, 1–10.