Pengembangan Modul Digital IPA Materi Sumber Energi Berbasis Contextual Teaching And Learning

Authors

  • Muhammad Rizki Universitas PGRI Palembang
  • Erfan Ramadhani Universitas PGRI Palembang
  • Ali Fakhrudin Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v20i2.7193

Keywords:

Modul Digital, CTL, Ilmu Pengetahuan Alam

Abstract

Penelitian didasarkan oleh masalah peserta didik yang kesulitan dalam memahami materi IPA dan cenderung pasif dalam proses pembelajaran. Peserta didik juga belum pernah diberikan bahan ajar berupa modul digital. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengembangkan modul digital IPA materi sumber energi berbasis Contextual Teaching and Learning yang valid dan layak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (research and development). Modul digital yang dikembangkan menggunakan model ADDIE level 1 adapun tahapan penelitian pengembangan model ADDIE Level 1 dilakukan dengan membuat produk dalam hal ini peneliti hanya menghasilkan rancangan produk dan tidak disebarluaskan yaitu terdiri dari lima tahapan Analisis (potensi dan masalah serta pengumpulan data) Design, Development (validasi produk), Implementation dan Evaluation. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan lembar angket validasi, lembar angket pendidik dan lembar respon peserta didik. Hasil analisis data menunjukkan bahwa modul digital yang dikembangkan dengan kategori sangat valid berdasarkan lembar angket validasi para ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa dengan nilai rata-rata kevalidan sebesar 91,09%. Modul digital yang dikembangkan dengan kategori sangat layak berdasarkan lembar angket respon peserta didik dalam uji coba dengan nilai rata-rata kelayakan sebesar 89% dan rata-rata kelayakan pendidik sebesar 89,09%. Berdasarkan hasil validasi dan kelayakan hasil uji coba dapat disimpulkan bahwa pengembangan modul digital IPA materi sumber energi berbasis Contextual Teaching and Learning dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

References

Gita, A. N. (2018). Pengembangan Modul Ipa Materi Hubungan Makhluk. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 8, 28-37.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Mugiraharjo, Hartoyo. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran PPKn. Jurnal Pendidikan Madrasah, Volume 3, Nomor 2, Hal. 359-365. Tersedia Pada : http://ejournal.uinsuka.ac.id/tarbiyah/index.php/JPM/article/view/2147.

Pribadi, A.B. 2014. Desain dan Pengembangan Program Pelatihan berbasis Kompetensi. Jakarta: Prenada Media Group.

Riduwan, 2014. Dasar-Dasar Statistik. Bandung: Alfabeta.

Sadulloh, U., Muharram, A., & Robandi, B. (2018). Pedagogik (Ilmu Mendidik). Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sujana, A. (2014). Pendidikan IPA teori dan praktik. Sumedang: Rizal Nur. Suryani, K., Utami, I. S., Khairudin, K., Ariska, A., & Rahmadani, A. F. (2020). Pengembangan Modul Digital berbasis STEM menggunakan Aplikasi 3D FlipBook pada Mata Kuliah Sistem Operasi. Mimbar Ilmu, 25(3).

Suryani, N., Setiawan , A., & Putria, A. (2018). Media Pembelajaran Inovatif Dan Pengembangannya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2022-05-31