Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran IPA

Authors

  • Syaras Fadillah
  • Erfan Ramadhani Universitas PGRI Palembang
  • Arief Kuswidyanarko Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v19i3.7244

Keywords:

Discovery Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Pembelajaran IPA

Abstract

Model pembelajaran discovery learning adalah model pembelajaran yang memiliki pandangan konstruktivisme, dengan memberikan pengalaman langsung ke siswa sehingga siswa menjadi lebih aktif dan memahami materi pembelajaran dnegan cepat dan tahan lama. Oleh karena itu peremasalahan yang sering muncul dalam penerapan model pembelajaran seperti ini adalah salah satunya kurang pemahaman dalam menerapkan model pembelajaran yang bervariasi seperti ini sehingga dapat membuat siswa menjadi lebih cepat bosan dan tidak mudah memahami materi pembelajaran. latar belakang permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah pengaruh model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA. Jika dilihat dari hasil perhitungan uji-t dengan nilai signifikan 0,000 < 0,025 dinyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Kemudian, subjek dalam penelitian ini adalah kelas 5A (Kelas Eksperimen) yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran discovery learning dan 5B (Kelas Kontrol) yang diberi perlakuan dengan model konvensional.

References

Agustiana, I. G., & Tika, I. N. (2013). Konsep Dasar IPA Aspek Fisika dan Kimia. Yogyakarta: Ombak Dua.

Darnayanti, Agni., & Lestari, Tri. Adelina. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Matematika Mengacu Pada Watson-Glaser Critical Thinking Appraisal Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri Di Banjarmasin Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Matematika. 5, (2).

Djalal, F. (2017). Optimalisasi Pembelajaran Melalui Pendekatan strategi, dan Model Pembelajaran. Sabilarrasyad.

Firdaus, dkk. (2021). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal MUDARRISUNA. 11, (2).

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hamdani, dkk. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Metode Eksperimen. Proceeding Biology Education Conference. 16, (1), 139.

Kristin, Firosalia. (2016). Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa. 2. (1).

Lastriningsih, L. (2017). Peningkatan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar Melalui Metode Inquiry pada Siswa Kelas IV SD. Jurnal Prima Edukasia. 5, (1), 69.

Marudut, dkk. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran IPA Melalui Pendekatan Keterampilan Proses. Jurnal Basicedu. 4 (3).

Nafi'ah, S. A. (2018). Model-Model Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Ramadhani, E., & Sari, Kurnia. (2018). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Pendekatan Dicovery Learning Untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Mengerjakan Skripsi. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 16. (2). 193-206.

Rosdiana, dkk. (2017). Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Terhadap Efektivitas Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan, 2 (8) 1060.

Sibuea, dkk. (2019). Penerapan Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Mts Darul Hikmah Tpi Medan. Edu-Riligia, 3 (3), 388-389.

Siswono, T. Y. (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah. Bandung: Rineka Rosdakaya.

Susanto, A. (2019). Teori Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Edisi Kedua. Jakarta: Kencana.

Syafril, & Zen, Z. (2017). Dasar- Dasar Ilmu Pendidikan. Depok: Kencana.

Tirtarahardja, U., & Sulo, L. (2015). pengantar pendidikan. Jakarta: Asdi Mahastya.

Wianjana Putra, dkk (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Lingkungan Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017 Di SD Gugus II Kecamatan Tampaksiring. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. 2 (5).

Downloads

Published

2021-09-28