Peningkatan Hasil Belajar IPS Siswa SMP Negeri 2 Babat Supat Dengan Menerapkan Model Inquiring Minds Want To Know

Authors

  • Budi Raharjo SMP Negeri 2 Babat Supat

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v19i3.7368

Keywords:

Model Inquiring Minds Want to Know, Hasil Belajar IPS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti penerapan model Inquiring Minds Want To Know dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini berlangsung 2 siklus. Sumber data dari penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 2 Babat Supat. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Keabsahan data hasil penelitian menggunakan triangulasi data sedangkan analisis data hasil penelitian menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Pembelajaran menggunakan metode Inquiring Minds Want To Know mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX. 1 SMP Negeeri 2 Babat Supat, ini didukung dengan adanya penigkatan diskusi yang maksimal. 2) Persentase keberhasilan Siklus I sebesar 38,4% 16 orang siswa (61,5%) mendapat nilai cukup (60), 10 orang siswa (38,4%) mendapat nilai baik (70), 1 orang siswa (4,1%) mendapat nilai sangat baik (80), dengan nilai rata-rata kelas 69,38. Maka bisa dikatakan bahwa Siklus I belum optimal sehingga perlu ditingkatkan lagi. Persentase keberhasilan Siklus II sebesar 88,4%. Hanya tersisa 3 orang siswa (115%) mendapat nilai cukup (60), 14 orang siswa (53,8%) mendapat nilai baik (70), 9 orang siswa (34,6%) mendapat nilai sangat baik (80), dengan nilai rata-rata kelas 76,57. Dengan demikian, penerapan metode Inquiring Minds Want To Know dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX. 1 SMP Negeri 2 Babat Supat

References

Depdiknas. (2003). UU RI No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Hamalik, Oemar. (2002). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinarbaru Algensindo.

Johnson, Elaine B. (2009). Contextual Teaching & Learning; Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan dan Bermakana. (Alih Bahasa: Ibnu Setiawan). Bandung: Mizan Learning Center.

Kemmis, Stephen & Mc. Taggart, Robim. (1988). The Action Reasearch Plenner. Victoria: Deaken Unversity.

Moleong, Lexy J. (2005). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.

Sardiman. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, Wina. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Sapriya, (2009). Pendidikan IPS: Konsep dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Somantri, M. N. (2001). Mengagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: PT. Rosda Karya.

Sugiyono. (2007). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Supardi, R. (2008). Dasar-Dasar Ilmu Sosial. Yogyakarta. Penerbit Ombak.

Zaini, Hisyam, dkk. (2008). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insane Madani.

Downloads

Published

2022-09-28