Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar IPS Siswa SMP Negeri 2 Tungkal Jaya Melalui Penerapan Model Talking Stick
DOI:
https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v19i3.7369Keywords:
Keaktifan dan Hasil Belajar IPS, Model Talking StickAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat aktivitas guru, siswa dan hasil belajar dengan penerapan model Talking Stick pada standar kompetensi memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan lingkungannya. Penelitian tindakan kelas berlangsung dalam II siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi aktivitas guru, aktivitas iswa dan tes hasil belajar siswa. Penelitian ini Persentase keberhasilan siklus I sebesar 40%. 2 orang siswa (10%) mendapat nilai cukup (60), 16 orang siswa (45%) mendapat nilai baik (60), 14 orang siswa (45%) mendapat nilai baik (70), dengan nilai rata-rata kelas 68,72. Maka bisa dikatakan bahwa siklus I belum optimal. Persentase keberhasilan siklus II sebesar 94,2%. 2 orang siswa (5,7%) mendapat nilai cukup (60), 28 orang siswa (85,7%) mendapat nilai baik (70), 2 orang siswa (8,5%) mendapat nilai sangat baik (80), dengan nilai rata-rata kelas 75,72. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Talking Stick yang sudah diterapkan dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 2 Tungkal JayaReferences
Arikunto, S. (2009). Prosedur Penelitian Suatu Pendidikan Praktek. Jakarta: Bumi Aksara
Hamzah, B. Uno dkk. (2012). Belajar dengan Pendekatan PAILKEM: Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik. Jakarta: Bumi Aksara.
Brata, Sumadi Surya. (2005). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Raja Gravindo Persada.
Gunawan, Rudy. (2013). Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) (Filosofi, Konsep, dan Aplikasi). Bandung: Alfabeta.
Hamalik, Oemar. (2013). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Lie, Anita. (2008). Cooperatif Learning, Mempraktekkan Cooperatif Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Kencana.
Sadiman, Arif. (2008). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Solihati, Etin, Raharjo. (2008). Cooperatif Learning Analisis Model Pembelajaran
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Jakarta: Bumi Aksara.