Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar IPS Siswa SMP Negeri 2 Tungkal Jaya Melalui Penerapan Model Talking Stick

Authors

  • Mayulita Mayulita SMP Negeri 2 Tungkal Jaya

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v19i3.7369

Keywords:

Keaktifan dan Hasil Belajar IPS, Model Talking Stick

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat aktivitas guru, siswa dan hasil belajar dengan penerapan model Talking Stick pada standar kompetensi memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan lingkungannya. Penelitian tindakan kelas  berlangsung dalam II siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi aktivitas guru, aktivitas iswa dan tes hasil belajar siswa. Penelitian ini Persentase keberhasilan siklus I sebesar 40%. 2 orang siswa (10%) mendapat nilai cukup (60), 16 orang siswa (45%) mendapat nilai baik (60), 14 orang siswa (45%) mendapat nilai baik (70), dengan nilai rata-rata kelas 68,72. Maka bisa dikatakan bahwa siklus I belum optimal. Persentase keberhasilan siklus II sebesar 94,2%. 2 orang siswa (5,7%) mendapat nilai cukup (60), 28 orang siswa (85,7%) mendapat nilai baik (70), 2 orang siswa (8,5%) mendapat nilai sangat baik (80), dengan nilai rata-rata kelas 75,72. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Talking Stick yang sudah diterapkan dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 2 Tungkal Jaya

References

Arikunto, S. (2009). Prosedur Penelitian Suatu Pendidikan Praktek. Jakarta: Bumi Aksara

Hamzah, B. Uno dkk. (2012). Belajar dengan Pendekatan PAILKEM: Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik. Jakarta: Bumi Aksara.

Brata, Sumadi Surya. (2005). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Raja Gravindo Persada.

Gunawan, Rudy. (2013). Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) (Filosofi, Konsep, dan Aplikasi). Bandung: Alfabeta.

Hamalik, Oemar. (2013). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Lie, Anita. (2008). Cooperatif Learning, Mempraktekkan Cooperatif Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Kencana.

Sadiman, Arif. (2008). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Solihati, Etin, Raharjo. (2008). Cooperatif Learning Analisis Model Pembelajaran

Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2021-09-28

How to Cite

Mayulita, M. (2021). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar IPS Siswa SMP Negeri 2 Tungkal Jaya Melalui Penerapan Model Talking Stick. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 19(3), 390–399. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v19i3.7369