Keefektifan Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Menulis Teks Ulasan Film “Dua Garis Biru” Siswa

Authors

  • Adelya Dwi Qurniasih Universitas PGRI Palembang
  • Dessy Wardiah Universitas PGRI Palembang
  • Yessi Fitriani Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v19i3.7401

Abstract

Abstrak

Penelitian ini mempunyai misi membuktikan apakah model pembelajaran Discovery Learning adalah model pembelajaran yang efektif dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia teks ulasan. Jenis pengambilan data dalam penelitian ini adalah tes berupa kegiatan  menulis teks ulasan tentang film “Dua Garis Biru†diawal dan diakhir proses penelitian. Data dianalisis dengan uji normalitas, uji homogenitas, analisis deskriptif, uji hipotesis, dan uji -(t). Hasil nilai signifikasi uji normalitas 0,000 <0,005 dengan std.Error Mean kelas eksperimen lebih dari std.Error Mean kelas kontrol. Kemudian untuk uji homogenitas hasil menunjukkan nilai sig< 0,05 sehingga data homogen. Kemudian untuk uji -t nilai sig yakni 0,000. Hasil penelitian membuktikan bahwa terdapat peningkatan nilai hasil belajar setelah menggunakan model Discovery Learning. maka H1 yang diterima artinya model pembelajaran Discovery Learning memberikan perbedaan terhadap hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih meningkat dibandingkan kelas kontrol.

 

Kata Kunci : Discovery Learning, Teks Ulasan, Kemampuan Berpikir Kritis

 

References

Agus, N. C. (2013). Panduan Aplikasi Teori Belajar. jakarta: PT. Diva Press.

Arief S. Sadiman, d. (2018). Media Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan . Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Askurifai, B. (2013). Membuat Film Indie Itu Gampang. Bandung: Katarsis.

Azhar, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Cheppy, R. (2010). Pedoman Pengembangan Media Video. Jakarta: UPI.

Dalman. (2014). Keterampilan Menulis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Dalman. (2015). Menulis Karya Ilmiah. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Farida, I. (2013). Mahir Berbahasa Indonesia. Bogor: Yudistira.

Gozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ihsana. (2017). Belajar dan Pembelajaran . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jamil, S. (2014). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Medi.

Kosasih. (2014). Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrma Widya.

Muhibbin, S. (2009). Psikologi Belajar. Jakarta: Raya Grafindo Perkasa.

Nanang Hanafiah, C. S. (2012). Konsep Strategi Pembelajaran . Bandung: Refika Aditama.

Purwanto, E. (2020). Metodelogi Penelitian Kuantitatif . Semarang: Pustaka Pelajar.

Riandi, A. P. (2020, Januari 08). Ady Prawira Riandi. Retrieved April 15, 2021, from kompas.com: https://www.kompas.com.film-duagaris-biru

Roestiyah. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Rosidi. (2014). Menulis Siapa Takut. Jakarta: Grafindo Persada.

Santoso, S. (2012). Panduan Lengkap SPSS Versi 22,0. Jakarta: PT. Alex Media Komputindo.

Sohur, A. (2013). Semiotika Komunikasi . Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sudrajat, A. (2018, Oktober 17). Peran Guru Sebagai Pembimbing. Retrieved April 15, 2021, from akhmadsudrajat.wordpress.com: www.akhamdsudrajat.wordprees.com

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.

Suharsini, A. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Sumirah. (2020). Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Pembelajaran. Jakarta: CV. Adanu Abitama .

Syafi'ie. (2010). Retorika Dalam Menulis. Jakarta: Dedikbud.

Trianton, T. (2013). Film Sebagai Media Belajar. Yogyakarta: Graha Ilmu.

W, S. (2010). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Zainah, R.(2020). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Teks Laporan Observasi. Jurnal.Universitas PGRI Palembang.

Downloads

Published

2021-09-27

How to Cite

Qurniasih, A. D., Wardiah, D., & Fitriani, Y. (2021). Keefektifan Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Menulis Teks Ulasan Film “Dua Garis Biru” Siswa. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 19(3), 415–422. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v19i3.7401