Analisis Pemahaman Kompetensi Profesional Guru Pada Muatan Pembelajaran IPS SD Negeri 55/I Sridadi

Authors

  • Nur Rohayati Universitas Jambi
  • Muhammad Sofwan Universitas Jambi
  • Muhammad Sholeh Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v20i2.7521

Keywords:

Analisis, Kompetensi Profesional Guru, Muatan Pembelajaran IPS

Abstract

Hasil dari penelitian ini menunjukan, peranan guru sangat penting dalam membangun kualitas pendidikan. Profesional guru harus bisa dituntut untuk dapat memiliki kompetensi yang baik agar tujuan pembelajaran tercapai dengam baik. Namun  di SD Negeri 55/I Sridadi pada saat melakukan observasi masih terlihat salah satu indikator tidak masuk dalam profesional guru. Ada 5 indikator yang harus dikuasai guru dalam profesional guru diantaranya (1) Menguasai materi, struktur dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu, (2) Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu, (3) Mengembangkan mata pelajaran  yang diampu secara skreatif, (4) Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif, (5) Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.                           

Pada saat melakukan observasi SD Negeri 55/I Sridadi  Pada Muatan pelajaran IPS pada saat guru mengajar  kurang bervariasi  namun cukup sesuai dengan Rancangan  Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dalam Melaksanakan Pembelajaran dengan mengkaitkan teknologi informasi dan komunikasi guru sudah cukup paham dalam mengkaitkan teknologi fasilitas seperti proykter, akses internet dan anak juga sudah memiliki handphone sendiri disini terlihat guru cukup paham dalam  menguasai cara penggunaan teknologi dalam mengkaitkan pembelajaan karena dilihat zaman pendidikan yang semakin maju. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru SD Negeri 55/I Sridadi memiliki kompetensi profesional yang baik menguasai materi, struktur, konsep dan pola, menguasai standar kompetensi dasar dan kompetensi inti mata pelajaran, mengembangkan mata pelajaran, mengembangkan keprofesionalan dengan melakukan tindakan reflektif.

 

Kata Kunci: : Analisis, Kompetensi profesional guru, muatan pembelajaran IPS.

 

References

Afandi, M. (2015). Kompetensi Guru Sebagai Kunci Keberhasilan Dalam Pembelajaran Saintifik. In Seminar Nasional Pendidikan (pp. 74-88).

Agung, Iskandar.(2014). Mengembangkan profesionalisme guru upaya Meningkatkan Kopetensi dan Profesionalisme Kenerja Guru. : Cibubur, Jakarta 13710 : Penerbit Baee Media Pustaka

Ashsiddiqi, H. (2012). Kompetensi sosial guru dalam pembelajaran dan pengembangannya. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 17(01), 61-71.

Gunadi, K. D. (2014). Pelaksanaan Peraturan Perusahaan Pt. Elnusa Tbk. 2011-2013 Berdasarkan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan Mengenai Kebijakan Pengupahan Dan Kompensasi Pemutusan Hubungan Kerja (Phk).

Huda, M. (2017). Kompetensi kepribadian guru dan motivasi belajar siswa. Jurnal penelitian, 11(2), 237-266.

Indrawan, Irjus, DKK. 2020. Guru Profesional, Jawa Tengah : Lakeisha

Ismail, M. I. (2010). Kinerja dan kompetensi guru dalam pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 13(1), 44-63.

Mulyani, F. (2009). Konsep Kompetensi Guru Dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 3(01).

Nasional, D. P. (2007). Lampiran peraturan menteri pendidikan nasional no 16 tahun 2007 tanggal 4 Mei 2007 standar kualifikasi akademik

Downloads

Published

2022-05-27