Implementasi Kebijakan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Drama di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v20i2.7761Keywords:
Implementasi Kebijakan, Pendidikan Karakter, DramaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan kebijakan pendidikan karakter melalui pembelajaran drama di sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 5 Merapi Barat, Kabupaten Lahat Sumatera Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Dari hasil wawancara yang diperoleh dari guru kelas III SD Negeri 5 Merapi Barat ibu Misnaini, S.Pd. terkait kebijakan yang diberlakukan selama ini sudah diimplementasikan di SD Negeri 5 Merapi Barat baik dalam pembelajaran drama maupun lingkungan sekolah. Penemuan dalam penelitian ini adalah dalam Peraturan Presiden Republik Indonesia No. 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter pada Pasal 3 terdapat 16 nilai karakter namun dalam pembelajaran drama di SD Negeri 5 Merapi Barat guru hanya menerapkan 8 nilai karakter terdiri dari religius, berakhlak, mandiri, kreatif, sopan santun, gemar membaca dan bertanggung jawab.References
Ali, M. (2011). Memahami Riset Perilaku dan Sosial. Bandung: Pustaka Cendekia Utama.
Aliyah, F., Katni, & Saputro, A. D. (2020). Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Public Speaking Terhadap Karakter Komunikatif Peserta Didik di MI Darul Fikri Ponorogo Jawa Timur Indonesia. Journal on Islamic Education, 4(2), 97.
Anggraeni, P. R. (2019). Implementasi Kebijakan Literasi Sekolah guna Peningkatan Karakter Gemar Membaca. Indonesian Journal of Sociology, Education, and Development (IJSED), 1(2), 137.
Ardila, R. M., Nurhasanah, & Salimi, M. (2017). Pendidikan Karakter Tanggung Jawab dan Pembelajarannya di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan (p. 82). Semarang: UNS.
Dhiniyah, U. A. (2020). Membangun Karakter Sopan Santun Dan Tanggung Jawab Pada Anak Usia Dini. El-Santry, 1(1), 31.
Dwiputri, F. A., & Anggraeni, D. (2021). Penerapan Nilai Pancasila dalam Menumbuhkan Karakter Siswa Sekolah Dasar yang Cerdas Kreatif dan Berakhlak Mulia. Tambusai, 5(1), 1272.
Febrianshari, D., Kusuma, V. C., Jayanti, N. D., Ekowati, D. W., Prasetya, M. Y., Widiyanti, et al. (2018). Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Pembuatan Dompet Punch Zaman Now. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD, 6(1), 93.
Habibah, S. (2015). Akhlak dan Etika dalam Islam. Jurnal Pesona Dasar, 1(4), 74.
Hairunnisa, & Devi, W. S. (2020). Representasi Kehidupan Pada Naskah Drama Nyonya-Nyonya Karya Wisran Hadi. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 158.
Hariadi, A., & Irawan, Y. (2016). Peran Guru dalam Penanaman Nilai Karakter Religius di Lingkungan Sekolah pada Siswa Sekolah Dasar. Gentala Pendidikan Dasar, 1(1), 178.
Indrastoeti, J. (2016). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Melalui Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan Inovasi Pembelajaran Berbasis Karakter dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (p. 289). Semarang: UNS.
Ismail, S., Suhana, & Zakiah, Q. Y. (2021). Analisis Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter dalam Mewujudkan Pelajar Pancasila di Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(1), 80-81.
Kurniawan, S. (2017). Pendidikan Karakter: Konsepsi & Implementasinya secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, dan Masyarakat. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Maryono, Budiono, H., & Okha, R. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Mandiri Di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(1), 22.
Milawati, T. (2011). Peningkatan Kemampuan Anak Memahami dan Menulis Teks Drama Melalui Model Pembelajaran Somatis Auditori Visual Intelektua (SAVI). Jurnal Penelitian Pendidikan, 70.
Mulyasa. (2012). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Nugraha, T. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran CIRC untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Naskah Drama. Jurnal esona, 5(1), 7.
Omeri, N. (2015). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. Manajer Pendidikan, 9(3), 465.
Rohani, Rahayu, Y., & Yulianingsih, M. (2018). Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan dlam Menanamkan Nilai Sopan Santun. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 2(1), 322.
Samrin. (2016). Pendidikan Karakter (Sebuah Pendekatan Nilai). Jurnal Al-Ta’dib, 123.
Sari, P. P. (2018). Penanaman Nilai Karakter Gemar Membaca. Raushan Fikr, 7(2), 211.
Satoto, S. (2012). Analisis Drama & Teater Bagian I. Yogyakarta: Ombak.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.
Wibowo. (2013). Perilaku dalam Organisasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Zakaria. (2021). Analisis Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Dasar di Era Industri. Jurnal Dirasah, 4(1), 4.