IMPLEMENTASI PENDIDIKAN PEDULI SOSIAL MAHASISWA DIMASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Rachmawati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Tribuana

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v22i2.7773

Keywords:

peduli social, pandemic covid

Abstract

Dalam pembelajaran social yang bersifat konseptual perlu di terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian bertujuan untuk menjawab bagaimana implementasi kepedulian siswa dalam menyikapi situasi sosial yang terjadi di sekitarnya selama masa pandemi Covid-19. Keterlibatan siswa dalam penanganan dampak Covid-19 merupakan wujud dari implementasi nilai-nilai karakter peduli yang telah dipelajari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan memanfaatkan data pengalaman siswa yang diperoleh melalui observasi, wawancara virtual, dan dokumentasi. Data dalam penelitian ini bersumber dari hasil jawaban narasi yang disusun oleh siswa di Bekasi berdasarkan pengalaman kegiatan sosial secara individu maupun kelompok pada tahun 2020. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa memberikan kepedulian sosialnya dengan melakukan pengumpulan bantuan kepada masyarakat terkena dampak kebijakan pemerintah mengenai pembatasan aktivitas masyarakat di luar rumah. Hal ini memiliki dampak pada aspek ekonomi dan memenuhi kebutuhan masyarakat. Sumbangan dikumpulkan dalam bentuk barang dan dana didistribusikan kepada masyarakat. Selain itu, kepedulian sosial ditunjukkan dengan pelibatan mahasiswa dalam berbagai kegiatan sosialisasi, baik secara tatap muka maupun kampanye virtual penanganan Covid-19 di Indonesia.

References

Ahmadi Abu dan Uhbiyati Nur. (2000) Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Alma Buchari, dkk. (2010). Pembelajaran Studi Sosial. Bandung: Alfabeta.

Bandura, A. (1977). Self-efficacy: toward a unifying theory of behavioral change. Psychological review, 84(2), 191.

Creswell, J.W. (1994). Research Design, Quantitative & Qualitative Approaches. Sage Publications.

Alihbahasa oleh: Angkatan III & IV KIK UI bekerjasama dengan Nur Khabibah. (2002). Jakarta: KIK Press.

Darmiyati Zuchdi. (2011). Pendidikan Karakter dalam Prespektif. Teori dan Praktek. Yogyakarta: UNY Press

Fuad Ihsan. (2003). Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Gunawan Ary H.. (2000). Sosiologi Pendididkan. Jakarta: Rineka Cipta.

Malik, Hera Lestari. Agus Taufik & Puji Lestari Prianti. (2008). Pendidikan Anak SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Hoffman, L. W. (1993). Hoffman Devlopmental Psychology Today: McGraw-Hill Companies.

Listyarti, Retno. 2012. Pendidikan Karakter dalam metode Aktif, Inovatif dan Kreatif. Jakarta: Esensi.

Muro, M., & Jeffrey, P. (2008). A critical review of the theory and application of social learning in participatory natural resource management processes. Journal of environmental planning and management, 51(3), 325-344.

Newman, B. M., & Newman, P. R. (2007). Theories of human development: Lawrence Erlbaum.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2024-07-02

How to Cite

Rachmawati. (2024). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN PEDULI SOSIAL MAHASISWA DIMASA PANDEMI COVID-19. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 22(2), 55–62. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v22i2.7773