Pengaruh Permainan Lari Karung Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak TK Pembina Negeri Muara Enim

Authors

  • Dessi Andriani Universitas PGRI Palembang
  • Hera Malinda Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v20i2.7848

Keywords:

Kemampuan Motorik Kasar Anak, Permainan Lari Karung

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh permainan lari karung terhadap kemampuan motorik kasar pada anak di TK Negeri Pembina Muara Enim. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif (eksperimen). Sampel penelitian ini adalah Anak kelompok B TK Pembina Negeri Muara Enim berjumlah 15 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah obervasi, tes, dan dokumentasi Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji normalitas data, uji homogenitas data. Berdasarkan hasil penelitan, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh permainan lari karung terhadap kemampuan motorik kasar anak di TK Pembina Negeri Muara Enim. Hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil hitungan hipotesis Berdasarkan perhitungan yang didapat dari posttest uji hasil normalitas data maka varians- varian dinyatakan homogen. Selanjutnya setelah pengujian normalitas data homogenitas yang dilakukan dan dinyatakan data tersebut berdistribusi normal dan varians dalam penelitian tersebut homogen, maka tahap berikutnya dilakukan pengujian hipotesis dari hasil perhitungan uji-t diatas diperoleh nilai thitung > ttabel atau 12,299   > 1,753 berarti tolak Ho dan diterima Ha, maka hasil hipotesis penelitian ini berbunyi terdapat pengaruh yang signifikan dengan penggunaan permainan lari karung memiliki pengaruh terhadap kemampuan motoric kasar anak di TK Pembina Negeri Muara Enim.

References

Andrianto.2014. Mengenal Permainan Tradisional Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Aqib, Zainal. Dkk. 2017.Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta:Ar-ruzz Media.

Budiningsih, C Asri. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Imron dkk. 2010.Belajar dan Bermain.Yogyakarta: Grasindo.

Fadlillah. (2017). Bermain Dan Permainan Anak Usia Dini. Jakarta: Prenada Media Group.

Nurihsan, Achmad Juntika. 2013. Dinamika Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Refika Aditama.

Maharani, dkk.2017. Pengaruh Metode Penugasan Melalui Permainan Balap Karung terhadap Kemampuan Motorik Kasar pada Anak Kelompok B2 DI tk Kumara Bhuana III.Jurnal PAUD, Universitas Pendidikan Ganesha, Vol.5 No.2.

Munir, Abdul. 2019. Pengaruh Permainan Balap Karung dan Egrang terhadap Peningkatan Percaya Diri Anak Usia Dini di PAUD Cahaya Rambutan Kota TebingTinggi. Jurnal Diversita, Vol. 5. No.2.

Novan. (2016). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini.Yogyakarta: Gava Media

Penney, Upton. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Erlangga.

Rifda, El Fiah. 2017.Bimbingan dan Konseling Anak Usia Dini. Depok:Rajawali Pers.

Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Pendidikan Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Samsudin. 2008.Pembelajaran Motorik di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Rineka Cipta.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Arruzz Media.

Sriwidianti. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Sujiono. 2010.Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2010. Metodode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif R & D. Bandung: Alfabeta.

Sunardi. 2010. Metodologi Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Yuspendi. (2016). Permainan Tradisional Dan Peranan Pengembangan Keterampilan Sosial Anak. Jakarta: Premada Media Grup

Downloads

Published

2022-05-01