Penerapan Model Resource Based Learning Terhadap Hasil Belajar Teori Sastra Mahasiswa

Authors

  • Masnunah Masnunah Universitas PGRI Palembang
  • Hayatun Nufus Universitas PGRI Palembang
  • Bila Monika Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v20i2.7918

Keywords:

Model Resource Based Learning, Hasil belajar, Teori sastra

Abstract

Dengan dilakukan penelitian mengunakan model pembelajaran Resource Based Learning bermaksud untuk mendapati munculnya pengaruh model pembelajaran Resource Based terhadap hasil belajar teori sastra mahasiswa. Bentuk penelitian yang dilakukan yaitu metode eksperemen pada ancangan deskriptif kuantitatif mengunakan desain pretest-posttest control group design. Pokok kajian mahasiswa prodi Bahasa Indonesia kelas 2A menjadi kelas eksperemen dan kelas 2B menjadi kelas control. Teknik pengumpulan data mengunakan tes. Keadaan ini benar dari hasil analisis data statistik yang diperoleh nilai thitung = 8,75 angka ini lebih besar dari ttabel ada uji t sebesar 2,306 dengan taraf signifikan 0,05%. Dengan demikian hipotesis penelitian yang menyatakan ada pengaruh pembelajaran model Resource Based Learning  terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah teori sastra dengan kata lain Ha di terima Ho ditolak.

References

Ampera. (2006). Pengajaran Sastra. Bandung: Widya Padjajaran.

Depdiknas. 2006. Kurikulum 2006 Standar Kompetensi Mata Pelajaran. Jakarta: Depdiknas

Hamalik, O. (2010). Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Nasution . (2011). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Pradopo, R. D. (2021). Teori Kritik dan Penerapannya dalam sastra Indonesia modern. UGM Press.

Sanjaya Wina, 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Media Prenada

Suwarti. (2007). Kontribusi Motivasi Berprestasi terhadap Kinerja Mengajar Guru SD (Skripsi). Bandung: Univ. Pendidikan Indonesia.

Suryosubroto, B. (2009). Proeses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT Asti Mahasatya.

Sudjana, Nana. 2009.Penilaian Hasil Belajar Mengajar. PT Remaja Rosdakarya.

Slameto,2010. Belajar dan Faktor yang Mempengaruginya. Jakarta: Rineka Cipta

Sehandi, Y. (2014). Mengenal 25 Teori Sastra. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Surastina, 2018. Pengantar Teori Sastra. Elmatera. Dianda Kreatif

Wellek, R., & Austin, W. (2014). Teori Kesusastraan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Downloads

Published

2022-05-31

How to Cite

Masnunah, M., Nufus, H., & Monika, B. (2022). Penerapan Model Resource Based Learning Terhadap Hasil Belajar Teori Sastra Mahasiswa. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 20(2), 301–309. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v20i2.7918