BIMBINGAN KONSELING DALAM PERSPEKTIF PERUBAHAN MORAL DAN TINGKAH LAKU SISWA DI SEKOLAH
DOI:
https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v20i2.7963Keywords:
Motivasi, Sekolah, Prestasi belajar, PendidikanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara signifikan tentang manfaat bimbingan pada siswa , dengan melakukan wawancara langsung pada siswa yang telah mendapatkan bimbingan konseling,sehingga penulis dapat mengukur tingkat manfaatnya bagi siswa yang bersangkutan.Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif studi kasus, dan sesuai dengan yang diteliti yaitu sebuah kasus yang ada masyarakat,sehingga dapat secara langsung mengetahui,mengukur sejauh mana tingkat manfaarnya.Setelah dilakukan penelitian secara konprehensif kepada 12 orang siswa sebagai partisipan dan informan,penulis melihat masih adanya beberapa hal yang harus perlu pembenahan,agar system pelayanan bimbingan dapat berjalan sesuai dengan hasil yang diharapkan,kesimpulannya seperti hasil temuan dalam penelitian ini,bahwasanya bagian bimbingan ini selain perlu pembenahan juga perlu perhatian dari pemerintah,dan partisipasi masyarakat (orangtua),agar hasil bimbingan  mampu meciptakan sebuah kedisipilinan bagi siswa
References
Ahyat, N. (2017). Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Edusiana: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam. Https://Doi.Org/10.30957/Edusiana.V4i1.5
Andayani, F. T., & Ekowarni, E. (2018). Peran Relasi Orang Tua-Anak Dan Tekanan Teman Sebaya Terhadap Kecenderungan Perilaku Pengambilan Risiko. Gadjah Mada Journal Of Psychology (Gamajop). Https://Doi.Org/10.22146/Gamajop.33097
Gerring, J. (2006). Case Study Research: Principles And Practices. In Case Study Research: Principles And Practices. Https://Doi.Org/10.1017/Cbo9780511803123
Haryanto, S. P. (2013). Pengertian Minat Belajar. Pengertian Minat Belajar Ajaran 2012-2013.
Kelley, C., & Dikkers, S. (2016). Framing Feedback For School Improvement Around Distributed Leadership. Educational Administration Quarterly. Https://Doi.Org/10.1177/0013161x16638416
Mawardi. (2020). Keefektifan Flexible Learning Dalam Menumbuhkan Self-Regulated Learning Dan Hasil Belajar Mahasiswa Pgsd. Scholaria, 10(3), 251–162. Https://Doi.Org/Doi: Https://Doi.Org/10.24246/J.Js.2020.V10.I3.P251-262
Miles, M. B., Huberman, M. A, & Saldana, J. (2014). Chapter 11: Drawing And Verifyng Conclusions. In Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Https://Doi.Org/January 11, 2016
Muafiah, E. (2013). Pendidikan Perempuan Di Pondok Pesantren. Nadwa, 7(1), 89. Https://Doi.Org/10.21580/Nw.2013.7.1.545
Nurul Hidayah. (2018). Analisis Kesiapan Mahasiswa Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Sebagai Calon Pendidik Profesional. Terampil:Jurnal Pendidikan&Pembelajaran Dasar, 5(1), 117–137. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.24042/Terampil.V5i1.2936
Saidi, S. (2016). Perbedaan Prestasi Belajar Siswa Yang Mengikuti Bimbingan Belajar Dan Yang Tidak Mengikuti Bimbingan Belajar Siswa Kelas Xii Ips Mata Pelajaran Ekonomi Sma Sinar Pancasila Balikpapan. Jurnal Intelegensia. Https://Doi.Org/10.1017/Cbo9781107415324.004
Taufik, Ali, Tatang Apendi, Suid Saidi, And Z. I. (2019). Parental Perspectives On The Excellence Of Computer Learning Media In Early Childhood Education. 13(November), 356–370. Https://Doi.Org/Doi: Https://Doi.Org/10.21009/Jpud.132.11
Triono, Rahmi, Hidayat, P. (2019). Pelatihan Penggunaan Teknologi Informasi Kepada Guru Bimbingan Dan Konseling. Wahana Dedikasi :Jurnal Pkm Ilmu Pendidikan, 2(1), 71–77. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.31851/Dedikasi.V1i2.2829
Yazan, B. (2015). Three Approaches To Case Study Methods In Education : Yin , Merriam , And Stake Three Approaches To Case Study Methods In Education : Yin , Merriam ,. The Qualitative Report.
Yin, R. K. (2013). Applications Of Case Study Research. Applied Social Research Methods Series. Https://Doi.Org/10.1097/Fch.0b013e31822dda9e