BIMBINGAN KONSELING DALAM PERSPEKTIF PERUBAHAN MORAL DAN TINGKAH LAKU SISWA DI SEKOLAH

Authors

  • Suid Saidi KutaiKartanegara University

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v20i2.7963

Keywords:

Motivasi, Sekolah, Prestasi belajar, Pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara signifikan tentang manfaat bimbingan pada siswa  , dengan melakukan wawancara langsung pada siswa yang telah mendapatkan bimbingan konseling,sehingga penulis dapat mengukur tingkat manfaatnya bagi siswa yang bersangkutan.Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif studi kasus, dan sesuai dengan yang diteliti yaitu sebuah kasus yang ada masyarakat,sehingga dapat secara langsung mengetahui,mengukur sejauh mana tingkat manfaarnya.Setelah dilakukan penelitian secara konprehensif kepada 12 orang siswa sebagai partisipan dan informan,penulis melihat masih adanya beberapa hal yang harus perlu pembenahan,agar system pelayanan bimbingan dapat berjalan sesuai dengan hasil yang diharapkan,kesimpulannya seperti hasil temuan dalam penelitian ini,bahwasanya bagian bimbingan ini selain perlu pembenahan juga perlu perhatian dari pemerintah,dan partisipasi masyarakat (orangtua),agar hasil bimbingan   mampu meciptakan sebuah kedisipilinan bagi siswa

Author Biography

Suid Saidi, KutaiKartanegara University

Senior Lertuter FKIP KutaiKartanegara University

References

Ahyat, N. (2017). Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Edusiana: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam. Https://Doi.Org/10.30957/Edusiana.V4i1.5

Andayani, F. T., & Ekowarni, E. (2018). Peran Relasi Orang Tua-Anak Dan Tekanan Teman Sebaya Terhadap Kecenderungan Perilaku Pengambilan Risiko. Gadjah Mada Journal Of Psychology (Gamajop). Https://Doi.Org/10.22146/Gamajop.33097

Gerring, J. (2006). Case Study Research: Principles And Practices. In Case Study Research: Principles And Practices. Https://Doi.Org/10.1017/Cbo9780511803123

Haryanto, S. P. (2013). Pengertian Minat Belajar. Pengertian Minat Belajar Ajaran 2012-2013.

Kelley, C., & Dikkers, S. (2016). Framing Feedback For School Improvement Around Distributed Leadership. Educational Administration Quarterly. Https://Doi.Org/10.1177/0013161x16638416

Mawardi. (2020). Keefektifan Flexible Learning Dalam Menumbuhkan Self-Regulated Learning Dan Hasil Belajar Mahasiswa Pgsd. Scholaria, 10(3), 251–162. Https://Doi.Org/Doi: Https://Doi.Org/10.24246/J.Js.2020.V10.I3.P251-262

Miles, M. B., Huberman, M. A, & Saldana, J. (2014). Chapter 11: Drawing And Verifyng Conclusions. In Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Https://Doi.Org/January 11, 2016

Muafiah, E. (2013). Pendidikan Perempuan Di Pondok Pesantren. Nadwa, 7(1), 89. Https://Doi.Org/10.21580/Nw.2013.7.1.545

Nurul Hidayah. (2018). Analisis Kesiapan Mahasiswa Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Sebagai Calon Pendidik Profesional. Terampil:Jurnal Pendidikan&Pembelajaran Dasar, 5(1), 117–137. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.24042/Terampil.V5i1.2936

Saidi, S. (2016). Perbedaan Prestasi Belajar Siswa Yang Mengikuti Bimbingan Belajar Dan Yang Tidak Mengikuti Bimbingan Belajar Siswa Kelas Xii Ips Mata Pelajaran Ekonomi Sma Sinar Pancasila Balikpapan. Jurnal Intelegensia. Https://Doi.Org/10.1017/Cbo9781107415324.004

Taufik, Ali, Tatang Apendi, Suid Saidi, And Z. I. (2019). Parental Perspectives On The Excellence Of Computer Learning Media In Early Childhood Education. 13(November), 356–370. Https://Doi.Org/Doi: Https://Doi.Org/10.21009/Jpud.132.11

Triono, Rahmi, Hidayat, P. (2019). Pelatihan Penggunaan Teknologi Informasi Kepada Guru Bimbingan Dan Konseling. Wahana Dedikasi :Jurnal Pkm Ilmu Pendidikan, 2(1), 71–77. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.31851/Dedikasi.V1i2.2829

Yazan, B. (2015). Three Approaches To Case Study Methods In Education : Yin , Merriam , And Stake Three Approaches To Case Study Methods In Education : Yin , Merriam ,. The Qualitative Report.

Yin, R. K. (2013). Applications Of Case Study Research. Applied Social Research Methods Series. Https://Doi.Org/10.1097/Fch.0b013e31822dda9e

Downloads

Published

2022-05-31

How to Cite

Saidi, S. (2022). BIMBINGAN KONSELING DALAM PERSPEKTIF PERUBAHAN MORAL DAN TINGKAH LAKU SISWA DI SEKOLAH. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 20(2), 321–329. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v20i2.7963