Survey Pembelajaran Gerak Manipulatif Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Murid SDN Unggulan Bontomanai

Authors

  • Muhammad Harliawan Universitas Negeri Makassar
  • Nur Indah Atifah Anwar

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v20i2.7978

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui gerak manipulatif dalam pembelajaran pendidikan jasmani murid SDN Unggulan Bontomanai, jenis penelitian yang digunakan dalampenelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif dengan survey pembelajaran gerak manipulative, Analisis data hasil penelitian mengenai gerak manipulatif dalam passing bawah pada permainan bola voli murid SDN Unggulan Bontomanai Kabupaten Gowa. Selanjutnya menghitung nilai rata-rata hasil tes atau hasil belajar maka data tersebut disusun, diolah dan dianalisis secara statistik dengan menggunakan fasilitas komputer melalui program SPSS, Hasil penelitian yaitu gerak manipulative siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani  termasuk dalam kategori baik sekali. Berdasarkan kategorinya dari hasil penelitian yang masuk dalam kategori kurang sekali sebanyak 10 orang dengan persentase sebesar (28.6%), kategori sedang sebanyak 9 orang dengan persentase sebesar (25.7%), kategori baik sekali sebanyak 16 orang dengan persentase 45.7%. dari hasil tersebut maka kategori siswa berada dalam aktegori baik sekali.Berdasarkan hasil tersebut dapat dilihat bahwa rata-rata gerak manipulatif siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani murid SDN Unggulan Bontomanai siswa berada dalam kategori baik sekali yakni sebesar 45.7%, hal tersebut dapat dimaknai bahwa gerak manipulative anak sudah menunjukkan gerak yang sesuai dengan materi pembelajaran yang diajarkan sehingga mereka paham dan mengerti akan gerakan yang dilaksanakan pada materi tersebut

Kata Kunci: Pembelajaran, Gerak Manipulative

References

Arikunto.Suharsimi (2006). Posedur Penelitian Pendekatan Praktek dan Teori, Jakarta : PT Rineka Cipta.

Arfanda, Poppy Elisano dan Ashari, Hasbi. (2019). PKM Senam Kebugaran Jasmani 2018. Journal 331

Ahmadi, Nuril. (2007). Panduan Olahraga Bola Voli. Solo: Era Pustaka Utama.

Graham.(2007). Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Cetakan 1. Bandung : Grafindo media Pratama

Hidayat (2017). Pendekatan Pendidikan Gerak di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Jenderal Olahraga.

Koesyanto, Hery (2003). Belajar Bermain Bola Volley. Semarang: FIK UNNES.

Mahendra, (2017). Belajar Pembelajaran. Prospeet. Bandung.

Muhajir. (2007).Pendidikan Jasmani: Jakarta: Yudistira.

Mikanda. (2014). Buku Super Lengkap Olahraga. Jakarta: Dunia Cerdas.

PP. PBVSI. (2015). Jenis-jenis Permainan Bola Voli, Jakarta: Sekretariat Umum

Rahayu.(2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta Cv.

Sarwiji Suwandi. (2008). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penulisan Karya

Ilmiah. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13.

Syahban. 2015. Metode Khusus Pendidikan. Bandung: CV Amrico

Sukintaka (2012). Psikologi Pendidikan.Yogyakarta: UNY Pres

Suhadi & Sujarwo. (2004). Volleyball for All. Yogyakarta: UNY Press.

Teknik Passing bawah dalam permainan bola Voli: https://anggaraaditya.wordpress.com/2009/12/30/teknik-passing-bawah/amp/ (diakses tanggal 12/01/2020 pukul 11:50)

Viera, B, & Ferguson, B.J. (2000). Bola Voli Tingkat Pemula. Jakarta: Dahara Prize.

Yunus.M (1992). Olahraga Pilihan Bola Voli. Jakarta: Depdikbud Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

Downloads

Additional Files

Published

2022-06-14

How to Cite

Harliawan, M., & Anwar, N. I. A. (2022). Survey Pembelajaran Gerak Manipulatif Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Murid SDN Unggulan Bontomanai. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 20(2), 330–341. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v20i2.7978