Peningkatan Aktivitas Belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) Siswa SDN Sumber Agung Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad

Authors

  • Bambang Bambang SDN Sumber Agung

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v20i2.8102

Keywords:

Aktifitas Belajar, STAD, Pendidikan Kewarganegaraan

Abstract

Penelitian tindakan kelas SDN Sumber Agung, dengan tujuan meningkatkan aktivitas belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) melalui model pembelajaran STAD. Proses pembelajaran yang selama ini berlangsung untuk mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) terjadi secara konvensional, hal ini mengakibatkan hasil belajar belum selesai dengan apa yang diharapkan. Pembelajaran tipe STAD atau Tim Siswa Kelompok Prestasi merupakan salah satu pendekatan pembelajaran dengan cara mengelompokkan siswa menjadi beberapa kelompok kecil dengan pengaturan setiap anggota kelompok dan saling belajar dan membelajarkan yang berfokus pada keberhasilan seorang anggota kelompok akan berpengaruh terhadap keberhasilan kelompok. Aktifitas positif siswa belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) mengalami peningkatan secara signifikan pada semua indikator dari siklus pertama ke siklus ke dua, sedangkan aktifitas negatif siswa belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) semakin berkurang untuk semua indikator. Perubahan ini menunjukan bahwa minat dan semangat belajar siswa semakin maningkat dan pembelajaran menjadi efektif dan menyenangkan yang diikuti dengan meningkatnya hasil belajar siswa secara signifikan. Peningkatan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) siswa dari siklus pertama ke siklus kedua merupakan dampak dari pembelajaran menggunakan model pembelajaran STAD.

References

Arikunto, S. (2003). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamalik, O. (2001). Perencanaan Pengajaran berdasarkan Pendekatan System. Bandung: Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar. (2007). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Kusnandar (2008). Langkah-langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai. Pengembangan Potensi Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sudjana, N. (2010). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rasdakarya.

Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Downloads

Published

2022-05-01