Melalui Bimbingan Kelompok Berbasis MGMP Dapat Meningkatkan Kompetensi Guru SMPN 3 Babat Supat dalam Penyusunan Proposal PTK

Authors

  • Asan Asan SMPN 3 Babat Supat

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v20i2.8105

Keywords:

Bimbingan Kelompok, Kompetensi Guru, Proposal PTK

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana efektifitas penerapan pembimbingan kelompok dalam upaya meningkatkan kompetensi guru SMPN 3 Babat Supat dalam penyusunan proposal PTK yang bermanfaat bagi guru dalam peningkatan profesionalisme. Dalam pelaksanaan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini sebanyak dua siklus, dimana masing-masing siklus terdapat empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah Kompetensi Guru SMP Negeri 3 Babat Supat jika > 10% dari jumlah peserta pembimbingan telah memperleh nilai rata-rata ≥ 85,00. Hasil Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) pada siklus II diperoleh data sebagai berikut; (1) observasi pengawas 4,22; (2) observasi guru 4,14; (3) hasil kerja secara klasikal (84,02). Indikator keberhasilan telah terlampaui maka PTS dinyatakan berhasil, dan penelitian dihentikan pada siklus II. Bimbingan kelompok sangat efektif dalam upaya meningkatkan kompetensi guru SMPN 3 Babat Supat dalam penyusunan proposal PTK karena 90% dari jumlah peserta sebanyak 35 (tiga puluh lima) orang guru telah berhasil menyusun proposal PTK sesuai harapan. Disarankan kepala sekolah sejawat untuk melakukan kegiatan pembimbingan bagi guru yang menjadi tanggungjawabnya dalam upaya peningkatan kompetensi dalam kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB).

References

_______,. (2003). Undang-Undang No. 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta

Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. (2008). Peraturan Pemerintah RI No.19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Hartinah. (2009). Konsep Dasar Bimbingan Kelompok. Bandung: Refika.

Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suhardjono, S. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Usman, M. U. dan Lilis S. (2001). Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Downloads

Additional Files

Published

2022-05-31