Penerapan Konsep Andragogi Pada Pembelajaran Online Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis

Authors

  • Muhammad Irsyad Sayuti

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v20i2.8220

Keywords:

Andragogi, , Pembelajaran, Kemampuan Berpikir Kritis

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang bagaimana optimalisasi penerapan konsep andragogi pada pembelajaran online yang dilakukan di masa pandemic covid-19 sebagai salah satu upaya yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis seseorang. Penelitian deskriptif adalah penelitian yang digunakan peneliti pada penelitian ini. Peneliti mendeskripsikan fakta, data dan informasi yang diperoleh dari kajian kepustakaan seperti buku, jurnal hingga hasil penelitian yang berhubungan denga topik penelitian. Pada penelitian ini dijelaskan bahwasannya berbagai dampak dan pengaruh dirasakan oleh bangsa Indonesia akibat terjadinya pandami covid-19. Salah satunya adalah dampak yang dirasalakan sektor Pendidikan yang secara langsung dan pertama kalinya mampu mengubah model hingga sistem yang berlaku di Indonesia. Pengarh negative seperti degradasi yang semakin terlihat juga turut serta mewarnai problematika kongkrit yang terjadi. Hal ini tidak hanya terjadi pada anak-anak saja melainkan pembelajar dewasa yang seharusny sudah mampu memilah konsep dan perilaku yang sesuai juga perlu disorot mengingat figur seorang dewasa harusnya memberi contoh dan teladan. Oleh karena itu, perlu adanya pengembangan dan penerapan secara optimal konsep andragogi di kalangan pembelajar dewasa baik formal maupun non formal di Indoenesia. Secara teori dan factual di lapangan berbagai penelitian membuktikan bahwasaanya penerapan konsep andragogi ini dapat meningkatkan kemmapuan berpikir kritis seorang individu sehingga kedepannya individu tersebut mampu menempatkan dirinya secara benar di masyarakat.

References

Abdullah, M., Chamid, N., & Khamim, K. (2021). Reorientation of the Andragogy Concept and Its Relevance to Higher Education in Indonesia for Answering the Global Era of Information: Critical Review of Malcolm Knowles Perspective. The 2nd International Conference on Islamic Studies, Ponorogo, Indonesia. https://doi.org/10.4108/eai.27-10-2020.2304160

Desta, S. Z., & Gugssa, M. A. (2022). The Implementation of Andragogy in the Adult Education Program in Ethiopia. Hindawi Education Research International, 2022, 1–11. https://doi.org/10.1155/2022/2028248

Di Pietro, G., & Karpiński, Z. (2021). COVID-19 and online adult learning. In JRC Technical Report. https://doi.org/10.2760/886741

Gagnon, N. (2021). COVID-19 Pandemic and Possible Futures of Adult Online Learning in Higher Education : Six Trends That Could Shape the Future. Médiations et Médiatisations, 8, 72–85. https://doi.org/10.52358/mm.vi8.266

Greene, K., & Larsen, L. (2018). Virtual Andragogy: A New Paradigm for Serving Adult Online Learners. International Journal for Digital Society, 9(2), 1376–1381. https://doi.org/10.20533/ijds.2040.2570.2018.0169

Hasanah, U., & Hasanah, I. F. (2021). Internalisasi Pemahaman Moderasi Multikultural Dalam Pendidikan Islam Masa New Normal. Jurnal Keislaman Dan Pendidikan, 12(1), 32–50. http://e-jurnal.staiattanwir.ac.id/index.php/attanwir/index

Ichsan, I. Z., Purwanto, A., Rahmayanti, H., Koc, I., Turan, M., Gomes, P. W., Rahman, M. M., Auliandari, L., Adlini, M. N., Permana, I., & Adri, H. T. (2021). ILMIZI Model in Environmental Learning during COVID-19: Improving Students’ Attitudes in University. Edubiotik : Jurnal Pendidikan, Biologi Dan Terapan, 6(01), 1–8. https://doi.org/10.33503/ebio.v6i01.1221

IndraÅ¡ienÄ—, V., JegeleviÄienÄ—, V., MerfeldaitÄ—, O., PenkauskienÄ—, D., PivorienÄ—, J., RailienÄ—, A., Sadauskas, J., & ValaviÄienÄ—, N. (2021). The Value of Critical Thinking in Higher Education and the Labour Market: The Voice of Stakeholders. Social Sciences, 10(8), 286. https://doi.org/10.3390/socsci10080286

James, N., & Thériault, V. (2020). Adult Education in Times of the COVID-19 Pandemic: Inequalities, Changes, and Resilience. Studies in the Education of Adults, 52(2), 129–133. https://doi.org/10.1080/02660830.2020.1811474

Koeswanti, H. D. (2021). Optimization of Online Learning with A Combination of Offline Practices in The Post-Pandemic Era. International Journal of Elementary Education, 5(2), 315. https://doi.org/10.23887/ijee.v5i2.34752

Kristanti, E. (2022). Evaluasi Capaian Kinerja Tahun 2020 dalam Penerapan WFH di Masa Pandemi Covid-19. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(01), 1. https://journal.uniku.ac.id/index.php/Equilibrium

Mungkasa, O. (2020). Bekerja dari Rumah (Working From Home/WFH): Menuju Tatanan Baru Era Pandemi COVID 19. Jurnal Perencanaan Pembangunan: The Indonesian Journal of Development Planning, 4(2), 126–150.

Purwati, D., Mardhiah, A., Nurhasanah, E., & Ramli, R. (2022). The Six Characteristics of Andragogy and Future Research Directions in EFL: A Literature Review. Elsya : Journal of English Language Studies, 4(1), 86–95. https://doi.org/10.31849/elsya.v4i1.7473

Putri, N., Afifah, N., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Pendidikan Multikultural Dalam Upaya Membangun Karakter Anak Bangsa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7170–7175.

Putri, S., & Elihami, E. (2021). The Concept Andragogy and Pedagogy: E-Learning Model During Covid-19 Pandemic. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(April), 18–24.

Razak, A. A., Ramdan, M. R., Mahjom, N., Zabit, M. N. M., Muhammad, F., Hussin, M. Y. M., & Abdullah, N. L. (2022). Improving Critical Thinking Skills in Teaching through Problem-Based Learning for Students: A Scoping Review. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 21(2), 342–362. https://doi.org/10.26803/ijlter.21.2.19

Rogti, M. (2021). Prospects for Raising Critical Thinking Competency through Project-Based Learning in EFL Classroom. International Journal of Studies in Education and Science (IJES), 2(1), 46–58. https://www.ijses.net/index.php/ijses/article/view/21

Şahin, M., & Doğantay, H. (2018). Critical Thinking and Transformative Learning. Journal of Innovation in Psychology, Education and Didactics, 22(1), 103–114.

St. Clair, R., & Käpplinger, B. (2021). Alley or Autobahn? Assessing 50 Years of the Andragogical Project. Adult Education Quarterly, 71(3), 272–289. https://doi.org/10.1177/07417136211027879

Supriyatno, T., & Kurniawan, F. (2020). A New Pedagogy and Online Learning System on Pandemic COVID 19 Era at Islamic Higher Education. Proceedings - 2020 6th International Conference on Education and Technology, ICET 2020, 97–101. https://doi.org/10.1109/ICET51153.2020.9276604

Tuasikal, P. (2021). Peran Pendidikan Multiculturalisme Dalam Mencegah Culture Shock Di Era Pandemic Covid 19. Jurnal Kalacakra: Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 2(1), 42. https://doi.org/10.31002/kalacakra.v2i1.3535

Downloads

Published

2022-05-31

How to Cite

Sayuti, M. I. (2022). Penerapan Konsep Andragogi Pada Pembelajaran Online Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 20(2), 310–320. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v20i2.8220