Pengaruh Intensitas Penggunaan Smartphone Terhadap Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v21i2.8223

Keywords:

Prokrastinasi Akademik, Intensitas Pennggnaan Smartphone

Abstract

Smartphone sudah menjadi kebutuhan masyarakat modern, khususnya bagi pelajar. Kerap kali smartphone digunakan untuk kepentingan belajar, sebagai alat komunikasi, diskusi, dan lainya. Namun demikian, penggunaan smartphone tidak selamanya berdampak baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh intensitas penggunaan smartphone terhadap prokrastinasi akademik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik regresi linier sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA N 8 OKU Selatan dengan sampel berjumlah 123 orang. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan skala intensitas penggunaan smartphone dan skala prokrastinasi akademik. Dari analisis regresi linier sederhana, hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel intensitas penggunaan smartphone tidak berpengaruh terhadap variabel prokrastinasi akademik dengan perolehan nilai thitung lebih kecil dari pada nilai ttabel (0,316<1,979).

References

Akbar, R. S., Aulya, A., Psari, A. A., & Sofia, L. (2019). Ketakutan akan kehilangan momen (FoMO) pada remaja kota Samarinda. Psikostudia J. Psikol, 7(2), 38.

Fauziah, H. H. (2015). Fakor-faktor yang mempengaruhi prokrastinasi akademik pada mahasiswa fakultas psikologi uin sunan gunung djati bandung. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(2), 123-132.

Firmanto, H. R. dan A. (2013). Kebutuhan Afiliasi Dengan Intensitas Mengakses Facebook Pada Remaja. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 01(01), 76–85.

Ghufron dan Risnawita. (2012). Teori-Teori Psikologi. Jogjakarta : Ar-Ruz Media,

Harefa, D., D. (2020). Teori Model Pembelajaran Bahasa Inggris dalam Sains. CV. Insan Cendekia Mandiri.

Juliasari, N., & Kusmanto, B. (2016). Hubungan Antara Manajemen Waktu Belajar, Motivasi Belajar, Dan Fasilitas Belajar Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP Kelas VIII Sekecamatan Danurejan Yogyakarta. Jurnal: UNION, 4(3), 405-412.

Lase, I. P. S. (2020). PENGARUH TINGKAT PENDAPATAN ORANG TUA, TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA, LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA DAN EFIKASI DIRI TERHADAP MINAT SISWA UNTUK MELANJUTKAN KEPERGURUAN TINGGI SMK KABUPATEN NIAS. Jurnal Education and Development, 8(2).

Mulyati, T., & Frieda, N. R. H. (2019). Kecanduan smartphone ditinjau dari kontrol diri dan jenis kelamin pada siswa SMA Mardisiswa Semarang. Jurnal Empati, 7(4), 1307-1316.

Muyana, S. (2018). Prokrastinasi akademik dikalangan mahasiswa program studi bimbingan dan konseling. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 8(1), 45-52.

Nanik, N. (2008). Perfeksionisme, prokrastinasi akademik, dan penyelesaian skripsi mahasiswa. ANIMA Indonesian Psychological Journal, 23(3), 256-276.

Oktario, A. (2017). Hubungan antara Intensitas Penggunaan Smartphone dan Motivasi Berprestasi Pada Mahasiswa. Universitas Sanata Dharma.

Permatasari, D. I. (2020). TERPAAN INTENSITAS BERMAIN GAME ONLINE MOBILE LEGEND TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK PADA SISWA MENENGAH KEJURUAN (Studi pada SMKN 03 Batu kelas II pengguna game online Mobile Legend) (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).

Savira, F. & Yudi, S. 2013. Sels-Regulated learning (SLR) dengan prokrastinasi akademik siswa akselerasi. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 5 (2), 1-5

Telaumbanua, K. (2016). Konsep Dasar Layanan Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dasar. Majalah Ilmiah Warta Dharmawangsa, 49.

Downloads

Published

2023-03-24

How to Cite

Wahyuni, W., & Putri, R. M. (2023). Pengaruh Intensitas Penggunaan Smartphone Terhadap Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 21(2), 376–387. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v21i2.8223