Pengembangan E-Modul Berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Materi SPLDV Kelas VIII SMP/MTs

Authors

  • Tanzimah Tanzimah Universitas PGRI Palembang
  • Lilis Sari Pazona Universitas PGRI Palembang
  • Dina Octaria Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v21i2.9042

Keywords:

ADDIE, Contextual Teaching and Learning (CTL), E-Modul, SPLDV

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul pada materi SPLDV kelas VIII SMP/MTs yang valid, praktis, dan untuk mengetahui keefektifan e-modul yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Objek penelitian ini merupakan kualitas e-modul berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi SPLDV kelas VIII SMP/MTs yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan dapat dinyatakan valid berdasarkan penilaian ahli media dengan skor rata-rata 3,1; penilaian ahli materi dengan skor rata-rata 3,2; dan memperoleh kriteria sangat valid berdasarkan penilaian pendidik dengan skor rata-rata 3,7. E-Modul juga dinyatakan sangat praktis berdasarkan angket respon peserta didik dengan total skor rata-rata 3,5 dan hasil observasi pembelajaran sebesar 86%; dan e-modul dinyatakan sangat efektif berdasarkan tes hasil belajar peserta didik dengan persentase sebesar 82%.

References

DAFTAR PUSTAKA

Astuti, T. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran kartun 3d Berbasis Muvizu Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 1 di SD lab School Unnes. Skripsi UNES Semarang.

Fitria, E., Buyung, & Aisyah. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) materi sistem persamaan linier tiga variabel siswa kelas X MIA SMAN 9 kota Jambi . Jurnal pendidikan matematika Vol. 2 No. 1.

Hanipa, A., & Sari, V. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal SPLDV Pada Siswa Kelas VIII MTs Di Kabupaten Bandung Barat. Jurnal On Education Vol. 1 No. 2.

Hasjiandito. (2016). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Tema Agama Di KB-TK Assalamah Ungaran Kabupaten Semarang. Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol.33, No 1.

Hidayatullah, M. S. (2017). Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Geogebra Pada Materi Bilangan Bulat. Jurnal : Universitas PGRI Semarang Vol. 7 No. 2.

Johnson, E. (2011). Contextual Teaching And Learning : Menjadikan Kegiatan belajar mengasyikkan dan bermakna. Bandung: Mizan Learning Center.

Kurniawan, A. T. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer Pada Materi Himpunan dengan Pendekatan Kontekstual untuk Siswa SMP Kelas VII. Jurnal Universitas Negeri Yogyakarta.

Lestari, S. E., Hariyani, S., & Rahayu, N. (2018). Pembelajaran Kooperatif TGT (Teams Games Tournament) untuk Meningkatkan Hasil Belajar matematika. Jurnal Pendidikan Matematika.

Mulyatiningsih, E. (2011). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Yogyakarta: Alfabeta.

Nurhadi. (2002). Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Jurnal Universitas Negeri Malang Vol. 7 No. 2.

Octaria, D., Zulkardi, & Somakim. (2013). Pengembangan Website Bahan Ajar Turunan Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran Vol. 42 No. 2.

Prayudha, D. R. (2016). Pengembangan E-Modul dengan Model Problem based Learning Pada Materi Bilangan Bulat Kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika FPMIPA Universitas PGRI Semarang Vol 7 No. 1.

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran . Bandung: Rajawali Pers.

Satriawati, H. (2015). Pengembangan E-Modul Interaktif Sebagai Sumber Belajar Elektronika Dasar Kelas X SMKN 3 Yogyakarta. Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta.

Sutrisno, E. (2019). Pengembangan E-Modul Matematika Interaktif Menggunakan Visual Studio. Skripsi : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Tanzimah. (2020). Keterkaitan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang.

Wena, I. M. (2011). Pengembangan E-Modul Bermuatan Model Perubahan Konseptual Dalam Pembelajaran Fisika di SMA. Jurnal Santiaji Pendidikan Vol. 1 No. 1.

Widiyasari, R. (2015). Pengembangan Pembelajaran Matematika Konstruktivis Berbantuan E-Learning Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Matematika Pada Materi SPLDV Kelas VIII. Jurnal pendidikan matematika & matematika Vol. 1 No.1.

Wijayanti, W. (2016). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) Dilengkapi Dengan AA (Authentic Assesment) Berbantuan Flipbook Maker Untuk SMA Kelas X. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika UPGRIS Vol. 7 No. 2.

Downloads

Published

2023-03-18

How to Cite

Tanzimah, T., Pazona, L. S., & Octaria, D. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Materi SPLDV Kelas VIII SMP/MTs. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 21(2), 337–351. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v21i2.9042