Cerita Bergambar Berbasis Dilema Moral Dan Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar

Authors

  • Alpin Herman Saputra Universitas Terbuka
  • Teguh Teguh Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v20i3.9484

Keywords:

Cerita Bergambar, Dilema Moral, Kearifan Lokal

Abstract

Banyak bahan bacaan yang tersedia untuk siswa sekolah dasar tetapi cenderung mewariskan nilai moral dan kurang memperhatikan perkembangan moral. Cerita bergambar berbasis pertimbangan moral bersifat konstruktif dalam kata lain tidak hanya mewariskan nilai moral tetapi juga mengembangkan nilai moral tersebut dengan bernalar. Cerita bergambar berbasis pertimbangan moral perlu diimbangi dengan kultur budaya Indonesia yang beragam guna memberikan pemahaman yang sesuai dengan karakteristik siswa Indonesia di berbagai daerah yang memiliki kearifan lokal, sehingga perlu peninjauan lebih lanjut mengenai pengembangan cerita bergambar berbasis pertimbangan moral dan kearifan lokal. Menghasilkan siswa yang memiliki kematangan pertimbangan moral dan juga tetap menjunjung nilai kearifan lokal. Penelitian ini menggunakan metode D&D tipe ADDIE. Hasilnya pengembangan cerita bergambar berbasis dilema moral dan kearifan lokal diperoleh naskah-naskah cerita dan ilustrasi gambar yang sesuai dengan karakteristik dan kognitif siswa sekolah dasar.

References

Abidin, Y. 2015. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Refika Aditama.

Borg&Gall, 2003. Education Research. New York : Allyn and Bacon.

Branch, R. M. 2009. Instructional Design-The ADDIE. Approach. New York: Springer.

Bunanta, A. 2010. Buku, Mendongeng dan Minat Membaca. Jakarta: Kelompok Pecinta Buku Anak.

Gaiman, N. 2010. Stardust. New York: Avon.

Hakam, K. A. 2000. Pendidikan Nilai. Bandung: Value Press.

Hakam, K. A., Fitriya, R., & Wismaliya, R. (2020). Moral Dilemma Stories in Football Games to Develop Moral Judgment in Elementary School Students. 21(Icsshpe 2019), 1–4.

Huck, Charlotte S. Susasn Hepler, Janes Hickman. 1987. Children’s Literatur in The Elementary School. New York: Holt, Rinehart and Winston.

Joseph, P. B. 2016. Ethical reflections on becoming teachers. Journal of Moral Education, 45(1), 31–45. https://doi.org/10.1080/03057240.2016.1156521

Kemendikbud. (2018). Indeks Pembangunan Kebudayaan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Bekerjasama dengan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional dan Badan Pusat Statistik. http://ipk.kemdikbud.go.id/assets/img/handbook_ipk.pdf

Kohlberg. 1976 . Moral Stage and Moralization, the Cognitive Development Approach. New York: Holt Winehart and Wriston.

Kusnaedi. 2013. Pendidikan Karakter. Bekasi. Duta Media Utama.

Laelasari, dkk. (2007). Ensiklopedia Tokoh Sastra Indonesia. Bandung: Nuansa Aulia.

Mulyana, Y. 2011. Pendidikan Sastra dan Karakter Bangsa. Bandung : Jurdiksastrasis.

Piaget. 1950. The Psicology if Intelligence. London: Routledge & Kangan Paul.

Rakhmat, C. dkk. 2013. Model Pembelajaran Berbasis Kognitif Moral dalam Upaya Mewujudkan Pendidikan Karakter. Bandung: Proseding Seminar Nasional Pendidikan Dasar 2016.

Resmiati, T. F. 2017. Peningkatan Kemampuan Membaca Intensif dan Kemampuan Berpikir Analitik dengan Metode GIST (Generating Interaction Schemata And Text) Melalui Pendekatan Saintifik. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 2(1), 138-158.

Ross, R. 1963. Illustration Today. Pennysilvania : International Textbook Company.

Sarbaini. 2012. Model Pembelajaran Berbasis Kognitif Moral. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Satianingsih., R., Maftuh, B., & Syaodih, E. 2018. Moral Cognitive Development of Primary School Students in Thematic Integrated Curriculum. 174(Ice 2017), 402–406. https://doi.org/10.2991/ice-17.2018.85

Suyatno, Sarumpaet, B., & Nurgiyantoro. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inofatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pusaka.

Tarigan, H.G. 2011. Dasar-dasar psikosastra. Bandung: Angkasa.

Tulodziecki, G. 1996. Contributions of Media Use and Media Literacy Education to School Innovation. Educational Media International, 33(1), 23–38. https://doi.org/10.1080/0952398960330106

USAID. 2015. Best Practices for Developing Supplementary Reading Materials: Final Report. New York: USAID.

USAID. 2015. Books that Children can Read. New York: USAID.

Wismaliya, R., Rahman, R., Hakam, K., Kharisma, A., Chandra, C., & Fauziah, M. (2019). Moral Dilemma Story Design Based on The Local Wisdom of the Sundanese to Develop Moral Judgement. https://doi.org/10.4108/eai.29-8-2019.2289003

Downloads

Published

2022-09-03