REFLEKSI KRITIS ARAH KEBIJAKAN PENDIDIKAN DI INDONESIA: SEBUAH KAJIAN IDEOLOGI PENDIDIKAN

Authors

  • Ahdi Riyono

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v12i1.96

Abstract

Abstrak

            Arah sebuah kebijakan publik khususnya dalam  pendidikan adalah penentu masa depan sebuah bangsa. Apabila arah ini tidak jelas, maka berakibat pada kekacauan kompetensi dan perilaku apa yang harus diajarkan kepada generasi penerus bangsa agar mampu menghadapi masa depan sesuai dengan arah yang ditetapkan. Kekacauan tersebut menyebabkan muatan materi pengajaran akan berlebihan dan membuat beban belajar anak semakin berat. Padahal subtansi pendidikan itu berawal dari arah dan konsep yang jelas, hal ini juga pernah dikemukakan oleh Budiono dalam artikelnya di Kompas (Senin, 27 Agustus 2012) lalu. Ketidakjelasan konsep disebabkan ketidakjelasan ideologi yang kita terapkan. Ideologi Pancasila masih kekadar nama, tetapi pada kenyataannya Pancasila yang disakralkan ternyata dicampakkan dalam pembuatan setiap kebijakan negara, termasuk kebijakan pendidikan oleh pemerintah.

 

Kata Kunci: Refleksi kritis, Kebijakan Pendidikan, dan Ideologi Pendidikan

Published

2015-01-30

How to Cite

Riyono, A. (2015). REFLEKSI KRITIS ARAH KEBIJAKAN PENDIDIKAN DI INDONESIA: SEBUAH KAJIAN IDEOLOGI PENDIDIKAN. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 12(1). https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v12i1.96