Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Materi Pewara Mahasiswa Semester III Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas PGRI Palembang

Authors

  • Hetilaniar Hetilaniar Universitas Negeri Semarang
  • Subyantoro Subyantoro Universitas Negeri Semarang
  • Rahayu Pristiwati Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v20i3.9978

Keywords:

Pembelajaran Berdiferensiasi, Materi Pewara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat analisis hasil dari penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada materi pewara mahasiswa semester III Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas PGRI Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini menggunakan sumber data sekunder karena menggunakan sumber berupa dokumen, buku, internet dan media masa. Hasil penelitian adalah penerapan pembelajaran berdiferensiasai pada materi pewara mahasiswa semester III Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia sudah diterapakan dengan baik sesuai dengan kesiapan belajar mahasiswa, minat mahasiswa dan profil belajar mahasiswa. Gaya belajar pada mata kuliah pewara yaitu visual, auditori dan kinestetik. Terdapat empat prinsip pembelajaran berdiferensiasi yaitu lingkungan belajar, kurikulum yang berkualitas, penilaian yang menunjukkan hasil belajar dan instruktur yang menjawab kebutuhan mahasiswa. Komponen pembelajaran berdiferensiasi yang diterapkan adalah konten, proses dan produk.

References

Astiti, K. A., Supu, A., Sukarjita, I. W., & Lanti, V. (2021). Pengembangan Modul IPA Terpadu Tipe Connected Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi pada Materi Lapisan Bumi Kelas VII. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains, 4(2), 114.

Bendriyanti, R. P., Dewi, C., & Nurhasanah, I. (2021). Manajemen Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan, 6(2), 71.

Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Siswa dan Hasil Belajar dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 176.

Mahsun. (2011). Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Mastuti, A. G., Abdillah, & Rumodar, M. (2022). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Guru Melalui Workshop dan Pendampingan Pembelajaran Berdifersiasi. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(5), 3418.

Mulyani, D. (2013). Hubungan Kesiapan Belajar Siswa dengan Prestasi Belajar. Jurnal Konselor, 2(1), 28.

Pratiwi, N. K. (2015). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMK Kesehatan di Kota Tangerang. Jurnal Pujangga, 1(2), 75.

Rachman, S. A. (2020). Pentingnya Penyediaan Lingkungan Belajar yang Kondusif Bagi Anak Usia DiniBerbasis Kunjungan Belajar diMasa New Normal. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(3), 484.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Taqwiem, A., Luthfiyanti, L., & Annisa, S. (2022). Pelatihan Menjadi Pembawa Acara di SMAN 2 Banjarmasin. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 78.

Tomlinson, C. A. (2001). How to differentiated Instruction in Mixed-Ability Classrooms. Alexandria: Association for Supervision and Curriculum Development.

Wahyuningsari, D., Mujiwati, Y., Hilmiyah, L., Kusumawardani, F., & Sari, I. P. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(4), 533.

Downloads

Published

2022-09-28