Pendugaan Selang Frekuensi Pembelian, Jumlah Permintaan dan Harga Beli Ikan Patin (Pangasius sp.) di Kota Palembang

Yulia Puspita Sari, Lia Perwita Sari

Abstract


Permintaan Ikan Patin di Kota Palembang semakin meningkat setiap tahunnya dan merupakan produksi tertinggi di Sumatera Selatan dalam kategori ikan air tawar. Harga ikan Patin cenderung mengalami kenaikan setiap tahun dan mempengaruhi frekuensi pembelian dan jumlah permintaan Ikan Patin.Tujuan dari penelitian ini untuk menduga harga ikan patin, frekuensi pembelian pembeli dan jumlah permintaan ikan Patin di Kota Palembang. Data diperolah melalui wawancara pada pembeli ikan patin di Pasar KM 5, Pasar Cinde, Pasar Kuto, Pasar Soak Bato, Pasar Alang-alang Lebar, Pasar Satelit Multi Wahana, Pasar Jakabaring, dan Pasar Kertapati. Pemilihan sampel penelitian menggunakan metode accidental sampling, yaitu konsumen yang sedang membeli Ikan Patin yang dijumpai. Hasil penelitian diperoleh frekuensi pembelian ikan patin di Kota Palembang berkisar antara 2 sampai 5 kali pembelian perbulan, dan untuk dugaan jumlah permintaan ikan patin di Kota Palembang banyaknya antara 3,9 kg sampai 10,7 kg per bulan setiap pembelian. Sedangkan dugaan harga beli ikan patin di Kota Palembang adalah antara Rp.20.630/kg sampai Rp.21.670/kg.

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik Sumatera Selatan. 2015. Sumatera Selatan Dalam Angka 2015. BPS Provinsi Sumatera Selatan. Sumatera Selatan.

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Selatan.2015. Statistik Perikanan Budidaya. Sumatera Selatan.

Harinaldi. 2015. Prinsip-prinsip Statistik Untuk Teknik dan Sains. Erlangga. Jakarta.

Lukas. 2012. Analisis Biaya Produksi dan Pendapatan Budidaya Ikan Patin (Pangasius pangasius) di Kabupaten Kapuas.Jurnal Hewani Tropika. 1 (1) : 36-39.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Ilmu-ilmu Perikanan dan Budidaya Perairan by https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/ikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.