PADAT PENEBARAN BERBEDA TERHADAP KELANGSUNGAN HIDUP, FCR DAN PERTUMBUHAN IKAN BAWAL AIR TAWAR (Colossoma macropomum) PADA PEMELIHARAAN DI WARING

Detri Arianto, Helmi Harris, Indah Anggraini Yusanti, Arumwati Arumwati

Abstract


Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertumbuhan dan kelangsungan hidup  Ikan Bawal Air Tawar (Colossoma macropomum) pada peliharaan di waring dengan padat tebar yang berbeda. Penelitian ini dilaksanakan di Kampus C Fakultas Perikanan Universitas PGRI, Kelurahan Srimulia Kecamatan Sematang Borang Palembang. Ikan uji yang digunakan adalah Ikan Bawal Air Tawar dengan panjang awal 4 -5 cm dengan berat awal 0,95 -1,65 gram, yang dipelihara di waring berukuran 1m x 1m x 1,2m. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL), terdiri 5 taraf  perlakuan dengan 3 kali ulangan. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa perlakuan A (Padat tebar 10 ekor/m2) menunjukkan pertumbuhan tertinggi yaitu 12,47 gram, dengan panjang 10,4 cm, kelangsungan hidup 100%, dan FCR sebesar 0,70. Pertumbuhan terendah ada pada perlakuan E (padat tebar 50 ekor/m2) yaitu 8,09 gram, dengan panjang 3,5 cm, kelangsungan hidup 97% dan FCR sebesar 0,82. Hasil pengamatan kualitas air yang diukur selama penelitian masih dalam batas toleransi untuk tumbuh dan berkembang Ikan Bawal Air Tawar. Dari hasil penelitian yang dilakukan diketahui padat tebar terbaik untuk pertumbuhan dan kelangsungan hidup dalam pemeliharaan  Ikan Bawal Air Tawar adalah perlakuan A (padat tebar 10 ekor/m2) yaitu dengan rata-rata berat mutlak sebesar 12,47 gram, laju pertumbuhan 0,25 gram/hari panjang mutlak 10,4 cm, laju pertambahan panjang 0,12 cm/hari, kelangsungan hidup 100%.

 

Kata Kunci: Ikan Bawal Air Tawar, Padat Tebar, Pertumbuhan, Kelangsungan Hidup

Full Text:

PDF

References


Arie, U. 2009. Panen Bawal 40 Hari. Penebar Swadaya. Jakarta.

Bugri, J. 2006. Pengaruh Padat Penebaran Terhadap Kelangsungan Hidup Dan Pertumbuhanbenih Ikan Gurame (Osphronomus goramy) LAC. Ukuran 2 CM Skripsi. Institut Pertanian Bogor (Tidak dipublikasikan).

Darmawangsa, GM. 2008. Pengaruh Padat Penebaran 10, 15 dan 20 ekor/l terhadap Kelangsungan Hidup dan Pertumbuhan Benih Ikan Gurami Osphronemus gouramy Lac. ukuran 2 cm. [Skripsi]. Bogor: Program Studi Teknologi dan Manajemen Akuakultur, Departemen Budidaya Perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor (Tidak dipublikasikan).

Effendi H. 2003. Telaah Kualitas Air bagi Pengelolaan Sumberdaya dan Lingkungan. Perairan. Kanisius. Yogyakarta.

Effendie, M. I. 1979. Biologi Perikanan. Yayasan Pustaka Nusatama. Yogyakarta

Hanafiah, K. A. 1995. Rancangan Percobaan Teori dan Aplikasi. Edisi Revisi. Fakultas Pertanian Universitas Sriwijaya. Palembang.

Kordi, K.M.G.H., 2011. Budidaya Bawal Air Tawar. Akademia, Jakarta.

Kusrianto, B. 1996. Pengaruh Padat Tebar Terhadap Pertumbuhan Dan Kelangsungan Hidup Benih Ikan Patin Bangkok (Pangasius sutchi fowler) Dipelihara Dalam Jaring Apung Di Kolam Pasang Surut. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Palembang. (Tidak dipublikasikan)

Manurung, A.P, Yusanti, I.A dan Haris, R.B.K. 2018. Tingkat Pertumbuhan dan Kelangsungan Hidup, pada Pembesaran udang galah (macrobrachium rosenbergii de man 1879) Strain Siratu dan Strain Gimacro II. Jurnal Ilmu-ilmu Perikanan dan Budidaya Perairan. 13 (2) : 27 - 36

Minggawati, I. 2006. Pengaruh Padat Penebaran yang Berbeda Terhadap Pertumbuhan Ikan Nila GIFT(Oreochromis sp) yang dipelihara dalam Baskom Plastik. Journal of Trofical Fisheries. 1(2) : 119-125.

Santoso, L. dan Agusmansyah. 2011. Pengaruh Subtitusi Tepung Kedelai Dengan Tepung Biji Karet Pada Pakan Buatan Terhadap Pertumbuhan Ikan Bawal Air Tawar (Colossoma macroponum). Jurnal Perikanan Terubuk. Pekanbaru. 39(2):4-50.

Sulistyansyah, Y. 2013. Pengaruh Pemberian Kalsium Karbonat (CaCo3) Pada Media Bersalinitas Untuk Pertumbuhan Ikan Bawal Air Tawar (Colossoma macropomum) Skripsi. Institut Pertanian Bogor (Tidak dipublikasikan).

Wihardi, Y., Yusanti, I.A dan Haris, R.B.K. 2014. Feminisasi pada Ikan Mas (Cyprinus carpio) dengan Perendaman Ekstrak Daun-Tangkai Buah Terung Cepoka (Solanum torvum) pada lama Waktu Perendaman Berbeda. Jurnal Ilmu-ilmu Perikanan dan Budidaya Perairan. 9(1) : 23 - 28

Yulianti, D. 2007. Pengaruh Padat Penebaran benih Ikan Bawal (Colossoma macropomum) Yang Dipelihara Dalam Sistem Resirkulasi Terhadap Pertumbuhan Dan Kelangsungan Hidup. Skripsi. Institut Pertanian Bogor (Tidak dipublikasikan).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Ilmu-ilmu Perikanan dan Budidaya Perairan by https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/ikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.