PENGGUNAAN SUBSTRAT YANG BERBEDA TERHADAP FEKUNDITAS, DERAJAT PENETASAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP PADA PEMIJAHAN IKAN MASKOKI (Carrasius auratus)

Yufika S, Helmi Harris, Syaeful Anwar

Abstract


Komoditas perikanan yang berpotensi untuk dikembangkan di Indonesia dan memiliki peluang pasar yang besar, baik di dalam maupun luar negeri salah satunya adalah komoditas ikan hias. Ikan Maskoki (Carrasius auratus) merupakan ikan hias air tawar yang banyak digemari oleh para penghobi ikan hias karena corak warnanya dan bentuk tubuh yang menarik. Ketersediaan ikan maskoki sangat ditentukan pada keberhasilan pemijahan. Cara yang dapat dilakukan untuk merangsang induk ikan Maskoki (Carrasius auratus) adalah dengan pengadaan substrat tempat meletakkan telur. Pemilihan substrat yang tepat untuk pemijahan ikan Maskoki (Carrasius auratus) masih menjadi salah satu masalah yang dihadapi oleh para pembudidaya. Untuk itu, dilakukan penelitian ini yang bertujuan untuk mengetahui jumlah telur, telur terbuahi (FR), telur menetas (HR), dan kelangsungan hidup (HR) Ikan Maskoki (Carrasius auratus) menggunakan substrat ijuk, eceng gondok, dan kombinasi antara ijuk dan eceng gondok. Penelitian dilaksanakan di UPTD Balai Benih Ikan (BBI) Gandus, Kota Palembang. Pengujian Kualitas air dilakukan di Laboratorium Lingkungan, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Ogan Komering Ilir. Rancangan penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap dengan 3 taraf perlakuan dan 3 ulangan. Hasil penelitian menunjukkan substrat penempatan telur ikan maskoki tertinggi diperoleh pada substrat eceng gondok dengan rata rata jumlah telur yang dihasilkan sebesar 714.67 butir telur, telur yang terbuahi berjumlah 259.10 telur dengan rata rata 86.37%, jumlah telur menetas berjumlah 243.23 butir telur dengan rata rata 81.08%. dan nilai kelangsungan hidup larva Ikan Maskoki (Carrasius auratus) diperoleh nilai tertinggi  yaitu substrat eceng gondok berjumlah 208.30 larva dengan rata rata 69.43%.

 

Kata Kunci: Kelangsungan Hidup, Eceng Gondok, Ijuk, Ikan Maskoki (Carrasius auratus)

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abdullah, N. 2007. Efektivitas Pemberian Ovaprim Secara Topikal pada Proses Ovulasi dan Pemijahan Induk Ikan Maskoki (Carassius auratus). Tesis. Sekolah Pascasarjana. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Fajrin C.N. 2012. Penambahan Ekstrak Tauge Dalam Pakan Untuk Meningkatkan Keberhasilan Pemijahan Ikan Maskoki (Carassius auratus). Jurnal Perikanan dan Kelautan. Vol 3. No 3. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. UNPAD. Bandung.

Kalsasin, D.D. 2015. Pemanfaatan Perasan Biji Pepaya (Carica papaya) Untuk Mencegah Infestasi Argulus Pada Ikan Maskoki (Carassius auratus). Skripsi.

Lingga. 1993. Pemijahan Ikan Tawes Dengan Sistem Imbas Menggunakan Ikan Mas Sebagai Pemicu. Jurnal Akuakultur Indonesia. Vol 4. No (2). Jurusan Budidaya Perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Liviawaty, E. dan Afrianto, E. 1990. Maskoki Budidaya dan Pemasarannya. Penerbit Kanisius. Yogyakarta.

Nurfitrirahim. 2013. Laporan Perkembangan Embrio Ikan Mas.Balai Besar Pengembangan Budidaya Air Tawar. Sukabumi.

Nurmatias, 1992. Kelayakan Kualitas Air Tempat Budidaya Anguilla bicolor di Balai Besar Pengembangan Budidaya Air Tawar (BBPBAT) Sukabumi. Balai Besar Pengembangan Budidaya Air Tawar. Sukabumi.

Penyuluhan Perikanan dan Kelautan. 2011. Pembenihan Ikan Hias Maskoki (Carrasius auratus). Jakarta.

Rosid, M.M., Yusanti, I.A., Mutiara, D. 2019. Tingkat Pertumbuhan Dan Kecerahan Warna Ikan Komet (Carassius Auratus) Dengan Penambahan Konsentrasi Tepung Spirulina sp Pada Pakan. Jurnal Ilmu-ilmu Perikanan dan Budidaya Perairan. 14(1). 37-44

Sinjal, H. 2011. Pengaruh Substrat Ijuk dan Hydrilla sp. Terhadap Derajat Pembuahan dan Penetasan Telur Ikan Mas. Jurnal Perikanan dan Kelautan Tropi. Vol 7 No 1. Program Studi Budidaya Perairan. Fakultas Perikanan dan Kelautan. Universitas Ram Ratulangi Manado. Manado.

Suhendri, H., Harris, H., Utpalasari, R.L. 2018. Kombinasi Pakan Komersil dengan Cacing Darah (Chironomus sp) Terhadap Pertumbuhan, Dan Kelangsungan Hidup Ikan Mas Koki (Carrassius auratus). Jurnal Ilmu-ilmu Perikanan dan Budidaya Perairan. 13(1). 37-44

Wahyuningsih, S. 2012. Pengaruh Jenis Substrat Penempel Telur Terhadap Tingkat Keberhasilan Pemijahan Ikan Komet (Carassius auratus).Jurnal Perikanan Unram, Volume 1, No. 1. Universitas Mataram. Mataram.

Widiyati. 1992. Pengaruh Jenis Substrat Penempel Telur Terhadap Tingkat Keberhasilan Pemijahan Ikan Maskoki (Carassius auratus). Jurnal Perikanan Unram, Volume 1, No. 1. Universitas Mataram. Mataram

Wihardi, Y., Yusanti, I.A dan Haris, R.B.K. 2014. Feminisasi pada Ikan Mas (Cyprinus carpio) dengan Perendaman Ekstrak Daun-Tangkai Buah Terung Cepoka (Solanum torvum) pada lama Waktu Perendaman Berbeda. Jurnal Ilmu-ilmu Perikanan dan Budidaya Perairan. 9(1) : 23 - 28


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Ilmu-ilmu Perikanan dan Budidaya Perairan by https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/ikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.