PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP BENIH IKAN NILA (Oreochromis niloticus) DENGAN DOSIS VITAMIN MIX YANG BERBEDA

Siti Aidia Mutia, Siswanta Kaban, Sumantriyadi Sumantriyadi

Abstract


Penelitian ini mengenai Pertumbuhan dan Sintasan Benih Ikan Nila dengan Dosis Vitamin Mix Yang Berbeda. Penelitian dilaksanakan bertempat di Kelompok Tani Tambak Mulia, Kota Palembang. Metode penelitian yang digunakan yaitu Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 3 ulangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan D (penambahan Vitamin mix sebesar 3 % dari jumlah pakan)  dipilih sebagai perlakuan terbaik dibandingkan perlakuan lainya. Pada perlakuan D memberikan pertambahan pertumbuhan dan sintasan terbaik yaitu panjang mutlak sebesar 5,77 cm dengan berat sebesar 19,48 gr dan nilai SR sebesar 86,67 %. Untuk perlakuan C pertambahan pertumbuhan panjang mutlak sebesar 5,49 cm dengan berat 17,64 gr dan nilai SR sebesar 80 %. Perlakuan B pertambahan pertumbuhan panjang mutlak sebesar 5,20cm dengan berat 15,35 gr dan nilai SR sebesar 76,67 %. Sedangkan perlakuan  A memberikan pertambahan pertumbuhan terendah yaitu panjang mutlak sebesar 5,01 cm dengan berat sebesar 15,03 gr dan nilai SR sebesar 76,67 %. Parameter kualitas air yang diukur selama penelitian masih dalam batas toleransi untuk tumbuh dan berkembang benih Ikan Nila. Dari hasil penelitian yang dilakukan untuk penambahan vitamin mix pada pakan sebaiknya menggunakan dosis 3 %, karena memberikan pertumbuhan dan sintasan yang terbaik.

 

Kata Kunci: Ikan nila, Kandungan Gizi, Vitamin Mix

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Afrianto, E. 2005. Pakan Ikan. Kanisius. Yogyakarta.

Effendie,M.I. 1997. Metode Biologi Perikanan. Yayasan Dewi Sri. Bogor.

Firdaus, A. 2004. Pengaruh Pemberian Vitamin C dalam Percobaan Immunoprofilaksis Terhadap Infeksi Bakteri Stereptococcus iniae Pada Ikan Nila. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. IPB. Bogor.

Handajani. 2010. Optimalisasi Substitusi Teping Azolla Terfermentasi Pada Pakan Ikan Untuk Meningkatkan Produktifitas Ikan Nila Gift. Jurusan Perikanan. Universitas Muhammadiyah Malang.

Ikhwan dan Adelina. 2009. Pengaruh vitamin c terhadap peningkatan hemoglobin (Hb) darah dan kelulusan benih ikan kerapu bebek (Cromileptes altiveles). Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Universitas Riau. Pekan Baru.

Sunarto, 2008. Sumplementasi Vitamin C Dalam Untuk Memacu Perkembangan Gonad Dan Meningkatkan Mutu Telur Ikan Kerapu Batik. Thesis. Program Pasca sarjana. IPB. Bogor.

Sendjaja, JT. 2002. Pembenihan Nila. Jakarta: Penebar Swadaya

Samsudin dan Nainggolan. 2009. Efek penambahan vitamin pada pakan buatan terhadap pertumbuhan larva dan perkembangan sidat, Anguilla bicolor bicolor. Fakultas Perikanan. Universitas Satya Negara Indonesia. Jakarta.

Suyanto. 2003. Nila. Penebar Swadaya. Bogor.

Soetomo. 2000. Penggunaan berbagai binder rumput laut pada pakan ikan terhadap respon biologis Ikan Nila. Politeknik Pertanian Negeri Pangkep. Makasar.

Sucipto dan Prihartono. 2005. Pembesaran Nila Merah Bangkok. Penebar Swadaya. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Ilmu-ilmu Perikanan dan Budidaya Perairan by https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/ikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.