Analisis Kesesuaian Perairan Untuk Pengembangan Tambak Udang Vaname (Litopenaeus vannamei) di Kelurahan Sungai Geniot Kota Dumai

Authors

  • Haris luthfi Ilmu Akuakultur Sekolah Pasca Sarjana, Institut Pertanian Bogor
  • Kukuh Nirmala Ilmu Akuakultur Sekolah Pasca Sarjana, Institut Pertanian Bogor
  • Irzal Effendi Ilmu Akuakultur Sekolah Pasca Sarjana, Institut Pertanian Bogor
  • Yuni Puji Hastuti Ilmu Akuakultur Sekolah Pasca Sarjana, Institut Pertanian Bogor

DOI:

https://doi.org/10.31851/jipbp.v17i2.8036

Keywords:

Kelurahan Sungai Geniot, kesesuaian lahan, kualitas air, tambak udang.

Abstract

Kelurahan Sungai Geniot merupakan salah satu Kelurahan di Kecamatan Sungai Sembilan Kota Dumai yang memiliki potensi perikanan budidaya yang besar untuk dikembangkan khususnya udang vaname dengan tradisional dan semi intensif. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengkaji dan menganalisis kesesuaian lahan dan kesesuaian perairan pada pengembangan tambak udang vaname (Litopenaeus vannamei) di Kelurahan Sungai Geniot. Metode penelitian yang digunakan adalah purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah scoring dalam penilaian tingkat kesesuaian perairan untuk budidaya udang vaname, Kemudian penilaian kualitas perairan menggunakan metode matching untuk membandingkan karakteristik fisika, kimia, dan biologi perairan suatu lokasi dengan kriteria kesesuaian yang diinginkan untuk budidaya udang vaname. Hasil penelitian menunjukan kondisi kualitas perairan muara sungai maupun di bibir pantai berada dalam kondisi optimal dan masih sesuai untuk budidaya udang vaname. Status kesesuaian lahan untuk pengembangan tambak udang vaname di Kelurahan Sungai Geniot, Kota Dumai sangat berpotensi untuk kegiatan budidaya udang vaname dan pemanfaatan lahan untuk tambak dapat ditingkatkan dari 110,6 Ha menjadi 627 Ha dengan mengoptimalisasi pemanfaatan lahan yang ada. Kesesuaian lahan di Kelurahan Sungai Geniot dalam kelas sesuai yaitu dengan kisaran 48 – 51 sehingga layak dalam kegiatan pengembangan kawasan tambak udang vaname dan memiliki kontur tanah lempung liat berpasir.

References

DAFTAR PUSTAKA

Adianto W. 2018. Analisis Hubungan An-tara Potensial Redoks Dengan C/N Rasio Dalam Sistem Perairan Ter-tutup Pada Pemeliharaan Udang Vaname (Litopenaeus vannamei). [Tesis]. Program Magister Pengel-olaan Sumberdaya Perairan. Bo-gor.

Ikbal M, Agussalim A, Fauziyah. 2019. Evaluasi Status Kesesuaiaan Lahan Tambak Udang Vaname (Li-topenaeus vannamei) Menggunakan Sistem Informasi Geografis (SIG) Di Tambak Bumi Pratama Mandira Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan. Maspari Journal. 11(2):69-78.

Khomsah N. 2017. Analisis Pendapatan Tambak Udang Vaname (Li-topenaeus vannamei) di Kabupaten Purworejo. Tesis. IPB University. Bogor, 65hlm.

Kusuma WA, Prayitno SB, Ariyati RW. 2017. Kajian Kesesuaian Lahan Tambak Udang Vaname (Li-topenaeus vannamei) di Kecama-tan Cijulang dan Parigi, Panganda-ran, Jawa Barat dengan Penerapan Aplikasi SIstem Informasi Geo-grafis. Journal of Aquaculture Management and Technology. Volume 6, Nomor 4, Hal 255-263.

Latifah D. 2014. Analisis Daya Hantar Listrik (DHL) Air tanah Asin dan Dampak Pada Peralatan Rumah Tangga Di Kecamatan Grogol. Publikasi Ilmiah. Fakultas Geo-grafi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Mustafa A, Rachmansyah, Ratnawati E, Hasnawi, Asaad AI, Paena M, Makmur. 2011. Kajian Daya Dukung Lahan Budidaya Tambak di Kabupaten Berau, Provinsi Ka-limantan Timur. Laporan Akhir. Kerja Sama Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Berau dengan Balai Penelitian dan Pengembangan Budidaya Air Payau, Maros. 120 hlm.

Mustafa A. 2012 Kriteria Kesesuaian La-han Untuk Berbagai Komoditas Di Tambak. Media Akuakultur. Vol 7(2) 108-118.

Pasongli H, Dirawan GD, Suprapta. 2015. Zonasi Kesesuaian Tambak Untuk Pengembangan Budidaya Udang Vaname (Penaeus vannamei) Pada Aspek Kualtas Air Di Desa Todowongi Kecamatan Jailolo Kabupaten Halmahera Barat. Jurnal Bioedukasi. Universitas Negeri Makassar. Sulawesi Se-latan.

Rafiqie M. 2021. Analisa Kualitas Air Budidaya Udang Vaname (Li-topenaeus vannamei) di Tambak Rakyat Konstruksi Dinding Semen dan Dasar Tambak Semen di Pan-tai Konang, Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek.Jurnal Ilmu Perikanan. Volume 12, No. 1, April 2021.

Ramadhani F, Syahrul P, Khairuman T. 2016. Analisis Kesesuaian Parame-ter Perairan Terhadap Komoditas Tambak Menggunakan Sistem In-formasi Geografis (Sig) Di Kabu-paten Pidie Jaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kelautan dan Peri-kanan Unsyiah. Vol 1 (1) 160-168.

Sarjito, Apriliani M, Afriani D. 2015. Agensia Penyebab Vibriosis pada Udang Vaname (Litopenaeus gariepinus) yang Dibudidayakan secara intensif di Kendal. Jurnal Kelautan Tropis, 18(3): 189-196.

Suwarsih, Marsoedi, Nuddin H, Moham-mad M. 2016 Kondisi Kualitas Air Pada Budidaya Udang Di Tambak Wilayah Pesisir Kabupaten Tuban. Prosiding Seminar Nasional Kelau-tan. 138-143.

Suwarsito, Anang WN. 2017. Analisis Kesesuaian Lahan Pesisir Di Ka-bupaten Brebes Untuk pengem-bangan Budidaya Tambak Udang. Prosiding Seminar Nasional Geo-grafi. Pengelolaan Sumberdaya Wilayah Berkelanjutan. ISBN: 978-602-361-072-3. 613-62.

Downloads

Published

2022-06-21

How to Cite

luthfi, H., Nirmala, K., Effendi, I., & Hastuti, Y. P. (2022). Analisis Kesesuaian Perairan Untuk Pengembangan Tambak Udang Vaname (Litopenaeus vannamei) di Kelurahan Sungai Geniot Kota Dumai. Jurnal Ilmu-Ilmu Perikanan Dan Budidaya Perairan, 17(1), 1–11. https://doi.org/10.31851/jipbp.v17i2.8036