ANALISIS LEARNING OBSTACLE MATERI SEGITIGA PADA SISWA SMP KELAS VII

Authors

  • Permata Wulan Sari Universitas PGRI Palembang
  • Nyiayu Fahriza Fuadiah Universitas PGRI Palembang
  • Jayanti Jayanti Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/indiktika.v2i1.3394

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui learning obstacle yang terkait dengan materi luas segitiga dan faktor-faktor penyebabnya. Partisipan pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 31 Palembang dan guru mata pelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan  observasi, wawancara, dokumentasi, rekaman video pembelajaran, dan tes tertulis. Data dianalisis secara kualitatif untuk mengetahui learning obstacle kemudian dibuat antisipasi didaktis untuk learning obstacle yang teridentifikasi. Hasil penelitian ini adalah siswa mengalami hambatan epistemologis yaitu pengetahuan siswa yang memiliki konteks terbatas. Hambatan yang dialami siswa adalah learning obstacle pada konsep satuan luas, jenis-jenis segitiga, dan konsep segitiga.

Kata kunci :  learning obstacle, segitiga

 

ABSTRACT

This study aims to determine the learning obstacle associated with the area of the triangle and the factors causing it. Participants in this study were grade VII students of SMPN 31 Palembang and mathematics teachers. This study uses a qualitative method. Data collection techniques in this study used observation, interviews, documentation, video learning, and written tests. Data were analyzed qualitatively to find out the learning obstacle and then didactic anticipation for the identified obstacle learning. The results of this study are students experiencing epistemological obstacles, namely the knowledge of students who have a limited context. The obstacles experienced by students are learning obstacle on the concept of unit area, types of triangles, and the concept of triangles.

Keywords : learning obstacle, triangle

 

References

Brousseau, G. 2002. Theory of Didactical Situation In Mathematics. The Netherlands: Kluwer Acedemic Publishers.

Cahyaningrum, S. 2015. Identifikasi Kesulitan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pokok Bahasan Prisma dan Limas Siswa Kelas VIII Semester II SMP Negeri 4 Delanggu Tahun Ajaran 2014/2015. Disertasi tidak dipublikasikan. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Fuadiah, N. F. 2015. Epistemological Obstacles on Mathematic’s Learning in Junior High School Students: A Study on The Operations of Integer Material. In Proceeding of the 2nd International Conference on Research, Implementation and Education of Mathematics and Sciences (ICRIEMS 2015). Yogyakarta State University, 17-19 May 2015. pp. 315-322. ISSN 978-979-96880-8-8.

Jayanti dan Lusiana. 2016. Generatif (MPG) Pada Mata Kuliah Trigonometri di FKIP Universitas PGRI Palembang. Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang. [Online]. Tersedia: https://jurnal.univpgri palembang.ac.id/index.php/prosiding/article/view/1779/1565

Nugroho, A. A., Wahyu, R. Y. Putra, Ganda, F. P., dan Muhamad, S. 2017. Pengembangan Blog Sebagai Media Pembelajaran Matematika. Al-jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 8(2) : 197-204.

Suherman, Eman, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontenporer. Bandung: JICA.

Sulistyowati, A. dan Sujadi, A. A. 2015. Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Sudut, Luas, dan Keliling Segitiga Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Mlati, Sleman. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Vol. 3(3) : 265-274.

Sumarno, U. 2003. Daya dan Disposisi Matematik; Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan pada Siswa Sekolah Dasar dan Menengah. Makalah disajikan pada Seminar Sehari di Jurusan Matematika ITB, Bandung, Oktober 2003.

Suryadi, D. 2010. Metapedadidaktik dan Didactical Design Research (DDR) : Sintesis Hasil Pemikiran Berdasarkan Lesson Study. Bandung: FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia.

Suryadi, D. 2016. Didactical Design Research (DDR): Upaya Membangun Kemandirian Berpikir Melalui Penelitian Pembelajaran. Makalah pada Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Unswagati, Cirebon, 6

Februari 2016. Hal: 1-13. ISBN : 978-602-71252-1-6

Wardhani, D. A. P., Subanji, dan Qohar, A. 2016. Penalaran Analogi Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Luas dan Keliling Segitiga dan Segiempat. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, Vol. 1(9) : 1764-1773.

Yusuf, Y., Titat, N., dan Yuliawati, T. 2017. Analisis Hambatan Belajar (Learning Obstacle) Siswa SMP Pada Materi Statistika. Aksioma: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, Vol. 8(1) : 76-86.

Yuwono, M. R. 2016. Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas VII SMP dalam Menyelesaikan Soal Materi Segitiga dan Alternatif Pemecahannya. Magistra, Vol. 28(95) : 14-25.

Downloads

Published

2019-12-10