PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.31851/indiktika.v2i1.3428Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan pemahaman konsep ditinjau dari motivasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah desain faktorial 2x3. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Shailendra Palembang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel terpilih adalah siswa kelas VIII.1dan siswa kelas VIII.2. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Analisis data menggunakan uji Analisis Varians dua jalur. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa kelas VIII SMP Shailendra Palembang, (2) Terdapat perbedaan antara kemampuan pemahaman konsep siswa ditinjau dari motivasi belajar (tinggi, sedang, rendah) siswa di SMP Shailendra Palembang, dan  (3) Terdapat interaksi antara model pembelajaran (inkuiri dan konvensional) dan motivasi belajar siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa di SMP Shailendra Palembang
 Kata kunci : inkuiri, pemahaman konsep, motivasi belajar
Â
ABSTRACT
This study aims to determine whether or not the influence of inquiry learning models on the ability to understand concepts in terms of student motivation. The research method used is a 2x3 factorial design. The population in this study were all students of class VIII SMP Shailendra Palembang. The sampling technique uses cluster random sampling technique. The selected sample is students in class VIII.1 and students in class VIII.2. Data collection techniques using questionnaires and tests. Data analysis uses the two-way Analysis of Variance test. The results of this study are (1) There is an influence of Inquiry learning model on the ability of students’ understanding of concept VIII Shailendra Palembang Junior High School, (2) There is a difference between the ability to understand students' concepts in terms of learning motivation (high, medium, low) students at Shailendra Palembang Junior High School, and (3) There is an interaction between learning models (inquiry and conventional) and students’ learning motivation towards students' concept understanding abilities at Shailendra Junior High School Palembang.
 Keywords : inquiry, concept comprehension, learning motivation
Â
Â
References
Annajmi. 2016. Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Melalui Metode Penemuan Terbimbing Berbantuan Software Geogebra. Jurnal MES (Journal of Mathematics Education and Science), Vol. 2(1) : 1-10.
Daryanto. 2010. Belajar dan Mengajar. Bandung: C.V. Yrama Widya.
Djuanda, D. dan Maulana. 2015. Ragam Model Pembelajaran di Sekolah Dasar. Sumedang: UPI Sumedang Press.
Hadi, S. dan Kasum, M.U. 2015. Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Memeriksa Berpasangan (Pair Checks). EDU-MAT .Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 3(1) : 59-66.
Israwani. 2015. Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Pada Materi Operasi Hitung Bilangan di Kelas I SD Negeri 53 Banda Aceh. Jurnal Peluang, Vol. 3(2) : 55-64.
Kesumawati, Nila. 2010. Peningkatan Kemampuan Pemahaman, Pemecahan Masalah, dan Disposisi Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Disertasi tidak diterbitkan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Lestari, K. L. dan Yudhanegara, M. R. 2017. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.
Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Marliah, S., dkk. 2019. Pengaruh Penggunaan Model Inquiry Learning dan Discovery Learning Terhadap Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas VI SD Ditinjau dari Motivasi Belajar. Jurnal Education and Development, Vol. 7(2) : 169-174.
Masitoh, I. dan Prabawanto, S. 2015. Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas V Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Eksploratif. EduHumaniora Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 7(2) : 1-11.
Pranata, Ella. 2016. Implementasi Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Berbantuan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, Vol. 1(1) : 34-38.
Pratiwi, C. O., dkk. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Materi Pesawat Sederhana. Jurnal Pena Ilmiah, Vol. 2(1) : 291-300.
Rini, E. S. 2016. Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Palu Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Model Pembelajaran Inkuiri. e-Jurnal Mitra Sains, Vol. 4(2) : 20-29.
Rosyadi. 2016. Pengaruh Motivasi dan Kebiasaan Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. Mathline : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, Vol. 1(2).
Setiawan. D. dkk. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa. Makalah Pada Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, 23 Maret 2019. Hal: 45-53. ISBN: 978-602-6483-95-9.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Susanti, A. 2015. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, Vol. 3(2) : 151-158.
Warmi, Attin. 2016. Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematik Peserta Didik (Penelitian Terhadap Peserta Didik Kelas V SDN Paturahman Desa Sukaratu Kecamatan Wanaraja Kabupaten Garut Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Cakrawala Pendas, Vol. 2(1) : 70-82.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.