EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SAVI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPN 5 LUBUKLINGGAU

Authors

  • Tri Herliana STKIP PGRI Lubiklinggau
  • Drajat Friansah STKIP PGRI Lubiklinggau
  • Maria Luthfiana STKIP PGRI Lubiklinggau

DOI:

https://doi.org/10.31851/indiktika.v2i1.3437

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep, respon dan aktivitas siswa kelas VII SMP Negeri 5 Lubuklinggau dengan menggunakan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, and Intellectual). Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu yang dilaksanakan tanpa adanya kelas pembanding. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kota Lubuklinggau berjumlah 261 siswa dan sebagai sampel diambil satu kelas secara acak yaitu kelas VII5 sebanyak 32 siswa. Teknik yang digunakan untuk penarikan sampel adalah sampel acak atau random sederhana (simple random sampling). Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, angket, dan observasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMP Negeri 5 Lubuklinggau tahun pelajaran 2019/2020 setelah diterapkan pembelajaran matematika dengan model SAVI dikategorikan baik. Rata-rata nilai post-test yang diperoleh siswa sebesar 68,7 dan jumlah siswa dikategorikan baik sebanyak 31 orang (96,85%). Rata-rata aktivitas siswa secara keseluruhan adalah 80,00% termasuk kriteria sangat aktif dan rata-rata respon siswa 71,97% termasuk kriteria baik.

 Kata kunci : aktivitas, pemahaman konsep, respon, SAVI

 

  

ABSTRACT

The study aims to determine the understanding of concepts, responses and activities of Grade VII students of SMP Negeri 5 Lubuklinggau by using the SAVI learning model (Somatic, Auditory, Visual, and Intellectual). The research method used was quasi-experimental conducted without a comparison class. The population is all students of class VII SMP Negeri 5 Lubuklinggau totaling 261 students and as a sample taken one class randomly, class VII5 totaling 32 students. The technique used for sampling is simple random sampling. Data collection was carried out using test, questionnaire, and observation techniques. The collected data were analyzed using t-test. Based on the results of data analysis, it can be concluded that the understanding of mathematics concepts for VII grade students of SMP Negeri 5 Lubuklinggau in the academic year 2019/2020 after applying mathematics learning with the SAVI model is categorized as good. The average post-test scores obtained by students amounted to 68.7 and the number of students was categorized as good as 31 people (96.85%). Average overall student activity is 80.00% including the criteria of very active and the average response of students is 71.97% including good criteria.

 Keywords : activity, concept understanding, response, SAVI

References

Fatmawati dan Rusdiana, D. 2015. Study Literasi Pengaruh Penerapan Pembelajaran Model SAVI yang Menggunakan Metode Brainstorming Terhadap Konsistensi Konsepsi dan Peningkatan Kemampuan Kognitif Siswa SMA. Makalah Pada Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF 2015 Jurusan Fisika Fakultas MIPA Universitas Negeri Jakarta, Jakarta, Oktober 2015. Vol. 4. p-ISSN: 2339-0654.

Handayani, B. D. 2011. Efektifitas Pembelajaran Aktif Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kolaboratif (Collaborative Learning) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Akuntansi Sektor Publik Pokok Bahasan Akuntansi Satuan Kerja Pengelola Keuangan Daerah (SKPKD). Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, Vol. 6(1) : 62-77.

Kusuma, F. W., dan Aisyah, M. N. 2012. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntasi Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Wonosari Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntasi Indonesia, Vol. 10(2) : 43-63.

Maisyarah. 2015. Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT. Math Didactic : Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 1(2) : 125-131.

Meier, D. 2003. The Accelerated Learning Handbook. Bandung: Kaifa.

Muanifah, M. T, dkk. 2014. Eksperimentasi Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran SAVI dan Reciprocal Teaching pada Materi Operasi Hitung Bentuk Aljabar Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa SMP Negeri di Kabupaten Sleman. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. Vol. 2(5).

Murizal, A, dkk. 2012. Pemahaman Konsep Matematika dan Model Pembelajaran Quantum Teaching. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 1(1) : 19-23.

Novarizka, C., dan Rohana. 2011. Pengaruh Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) Terhadap Pemahaman Konsep Siswa di SMP Bina Tama Palembang dalam Pembelajaran Matematika. Makalah Pada Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas PGRI Palembang, Palembang, 27 Juni 2011. ISBN 978-602-95793-1-4.

Nukhus, H., dan Susanah. 2014. Penerapan Pendekatan SAVI pada Materi Kubus dan Balok Kelas VIII SMP Negeri 2 Paciran Lamongan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika MATHEdunesa, Vol. 3(3) : 88-94.

Prabawati, M. N. 2014. Model Pembelajaran SAVI yang Berorientasi pada PAKEM. Makalah Pada Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi Bandung, Bandung, 27 November 2014. Vol. 2 Hal: 285-294. ISSN 2338-8315.

Putri, M., dkk, 2012. Pemahaman Konsep Matematika pada Materi Turunan Melalui Pembelajaran Teknik Probing. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 1(1) : 68-72.

Shadiq, Fadjar. 2009. Diklat Instruktur Pengembang Matematika SMA Jenjang Lanjut. Kemahiran Matematika. Yogyakarta : Departemen Pendidikan Nasional.

Suherman, E. 2014. Evaluasi Proses dan Hasil Belajar Matematika. Jakarta: Depdikbud.

Suprijono, A. 2014. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Unaenah, E. dan Sumantri, M.S. 2019. Analisis Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar Pada Materi Pecahan. Jurnal Basicedu, Vol. 3(1) : 106-111.

Downloads

Published

2019-12-26