PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI SPLDV KELAS VIII SMP NEGERI 5 LUBUKLINGGAU
DOI:
https://doi.org/10.31851/indiktika.v3i1.4813Keywords:
LKPD, pendekatan saintifik, SPLDVAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis pendekatan saintifik pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) di kelas VIII sesuai dengan kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu: tahap Define, Design, Develop, dan Disseminate. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket validitas dan angket kepraktisan. Berdasarkan hasil analisis penilaian oleh keempat ahli yaitu: ahli bahasa, ahli materi, ahli media dan ahli isi menunjukkan bahwa lembar kerja peserta didik menggunakan pendekatan saintifik pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) memenuhi kriteria valid dengan rata-rata skor 3,37. Sedangkan hasil analisis penilaian lembar kepraktisan siswa yang terdiri dari 31 orang diperoleh bahwa lembar kerja peserta didik menggunakan pendekatan saintifik pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) memenuhi kriteria praktis dengan rata-rata skor 3,31.
References
Devi, P.K., Sofiraeni, R., dan Khairuddin. 2009. Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Jakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan IPA.
Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Ine, M.E. 2015. Penerapan Pendekatan Scientific Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Pokok Bahasan Pasar. Makalah Pada Prosiding Seminar Nasional Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, 9 Mei 2015. Hal: 269-285.
Istikharah, R. dan Simatupang, Z. 2017. Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Kelas X SMA/MA Pada Materi Pokok Protista Berbasis Pendekatan Ilmiah. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, Vol. 12(1) : 31-38.
Kemendikbud. 2013. Pendekatan Scientific (Ilmiah) dalam Pembelajaran. Jakarta: Pusbangprodik.
Mulyoto. 2013. Strategi Pembelajaran di Era Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Putrakarya.
Pansa, H.E. 2017. Pengembangan LKPD dengan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Makalah Pada Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UIN Raden Intan Lampung, Lampung, 16 Mei 2017. Hal: 229-238 ISSN : 2579-9444.
Ramdani, Y. 2012. Pengembangan Instrumen dan Bahan Ajar untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi, Penalaran dan Koneksi Matematis dalam Konsep Integral. Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol. 13(1) : 44-52.
Rusman, M. 2017. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.