PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI SPLDV KELAS VIII SMP NEGERI 5 LUBUKLINGGAU

Authors

  • Vina Bahrilin STKIP PGRI Lubuklinggau
  • Maria Luthfiana
  • Efuansyah Efuansyah

DOI:

https://doi.org/10.31851/indiktika.v3i1.4813

Keywords:

LKPD, pendekatan saintifik, SPLDV

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis pendekatan saintifik pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) di kelas VIII sesuai dengan kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu: tahap Define, Design, Develop, dan Disseminate. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket validitas dan angket kepraktisan. Berdasarkan hasil analisis penilaian oleh keempat ahli yaitu: ahli bahasa, ahli materi, ahli media dan ahli isi menunjukkan bahwa lembar kerja peserta didik menggunakan pendekatan saintifik pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) memenuhi kriteria valid dengan rata-rata skor 3,37. Sedangkan hasil analisis penilaian lembar kepraktisan siswa yang terdiri dari 31 orang diperoleh bahwa lembar kerja peserta didik menggunakan pendekatan saintifik pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) memenuhi kriteria praktis dengan rata-rata skor 3,31.

References

Devi, P.K., Sofiraeni, R., dan Khairuddin. 2009. Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Jakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan IPA.

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Ine, M.E. 2015. Penerapan Pendekatan Scientific Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Pokok Bahasan Pasar. Makalah Pada Prosiding Seminar Nasional Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, 9 Mei 2015. Hal: 269-285.

Istikharah, R. dan Simatupang, Z. 2017. Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Kelas X SMA/MA Pada Materi Pokok Protista Berbasis Pendekatan Ilmiah. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, Vol. 12(1) : 31-38.

Kemendikbud. 2013. Pendekatan Scientific (Ilmiah) dalam Pembelajaran. Jakarta: Pusbangprodik.

Mulyoto. 2013. Strategi Pembelajaran di Era Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Putrakarya.

Pansa, H.E. 2017. Pengembangan LKPD dengan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Makalah Pada Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UIN Raden Intan Lampung, Lampung, 16 Mei 2017. Hal: 229-238 ISSN : 2579-9444.

Ramdani, Y. 2012. Pengembangan Instrumen dan Bahan Ajar untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi, Penalaran dan Koneksi Matematis dalam Konsep Integral. Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol. 13(1) : 44-52.

Rusman, M. 2017. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Downloads

Published

2020-12-28