STUDI EKSPERIMEN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI POLA BILANGAN

Authors

  • Akbar Hidayat Universitas Muhammadiyah Palembang
  • Hussein Fattah
  • Nyimas Inda Kusumawati

DOI:

https://doi.org/10.31851/indiktika.v3i2.5356

Keywords:

problem possing, hasil belajar, bilangan.

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Problem Posing terhadap hasil belajar matematika pada materi pola bilangan di kelas VIII SMP Sandika Sukajadi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIIISMP Sandika Sukajadi tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 249 siswa yang terdiri dari 7 kelas. Siswa kelas VIII.7 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII.6 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa soal tes tertulis berbentuk soal pilihan ganda sebanyak 30 soal. Data dianalisis dengan menggunakan uji t. Berdasarkan perhitungan hasil belajar menggunakan model pembelajaran Problem Posing dan model pembelajaran Ekspositori, diperoleh nilai  10,700 dan  1,994. Sehingga  berada di daerah penolakan Ho, artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, ada pengaruh model pembelajaran Problem Posing terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi pola bilangan di kelas VIII SMP Sandika Sukajadi.

References

Fatimah. 2009. Fun Math Matematika Asyik dengan Metode Pemodelan. Bandung: PT Dar Mizan.

Huda, M. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Isrok'atun, I., Hanifah, N., dan Sujana, A. 2018. Melatih Kemampuan Problem Posing Melalui Situation-Based Learning Bagi Siswa Sekolah Dasar. Sumedang: UPI Sumedang Press.

Jabar, A. 2015. Penerapan Pendekatan Problem Posing Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Sistem Persamaan Linear. Math Didactic : Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 1(2) : 80-87.

Lestari, W. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Kelas VII SMP Negeri 3 Kalidawir Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi tidak diterbitkan. Tulungagung: Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. [Online]. Tersedia: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/6860/1/COVER.pdf

Nasruddin, S. 2017. Penerapan Pendekatan Problem Posing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTsS Darul Hikmah Kajhu. Skripsi tidak diterbitkan. Banda Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh. [Online]. Tersedia: https://docplayer.info/116889676-Penerapan-pendekatan-problem-posing-terhadap-hasil-belajar-matematika-siswa-kelas-viii-mtss-darul-hikmah-kajhu.html

Puspitasari, L. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Himpunan Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Kampak Trenggalek Semester Genap Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi tidak diterbitkan. Tulungagung: Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. [Online]. Tersedia: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/57/1/SKRIPSI%20LILIK%20PUSPITASARI.pdf

Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum. Yogyakarta: Yrama Widya.

Sudjana. 2005. Metode Statistik. Bandung: PT Tarsito Bandung.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wardana, P.E.P. dan Chandra, T.D. 2017. Penerapan Pembelajaran Problem Posing Untuk Meningkatkan Kemampuan Bertanya Siswa Kelas VII-G SMP Negeri 9 Malang. JKPM : Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, Vol. 1(1) : 82-89.

Downloads

Additional Files

Published

2021-06-27