STUDI EKSPERIMEN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI POLA BILANGAN
DOI:
https://doi.org/10.31851/indiktika.v3i2.5356Keywords:
problem possing, hasil belajar, bilangan.Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Problem Posing terhadap hasil belajar matematika pada materi pola bilangan di kelas VIII SMP Sandika Sukajadi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIIISMP Sandika Sukajadi tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 249 siswa yang terdiri dari 7 kelas. Siswa kelas VIII.7 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII.6 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa soal tes tertulis berbentuk soal pilihan ganda sebanyak 30 soal. Data dianalisis dengan menggunakan uji t. Berdasarkan perhitungan hasil belajar menggunakan model pembelajaran Problem Posing dan model pembelajaran Ekspositori, diperoleh nilai  10,700 dan  1,994. Sehingga  berada di daerah penolakan Ho, artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, ada pengaruh model pembelajaran Problem Posing terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi pola bilangan di kelas VIII SMP Sandika Sukajadi.
References
Fatimah. 2009. Fun Math Matematika Asyik dengan Metode Pemodelan. Bandung: PT Dar Mizan.
Huda, M. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Isrok'atun, I., Hanifah, N., dan Sujana, A. 2018. Melatih Kemampuan Problem Posing Melalui Situation-Based Learning Bagi Siswa Sekolah Dasar. Sumedang: UPI Sumedang Press.
Jabar, A. 2015. Penerapan Pendekatan Problem Posing Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Sistem Persamaan Linear. Math Didactic : Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 1(2) : 80-87.
Lestari, W. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Kelas VII SMP Negeri 3 Kalidawir Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi tidak diterbitkan. Tulungagung: Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. [Online]. Tersedia: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/6860/1/COVER.pdf
Nasruddin, S. 2017. Penerapan Pendekatan Problem Posing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTsS Darul Hikmah Kajhu. Skripsi tidak diterbitkan. Banda Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh. [Online]. Tersedia: https://docplayer.info/116889676-Penerapan-pendekatan-problem-posing-terhadap-hasil-belajar-matematika-siswa-kelas-viii-mtss-darul-hikmah-kajhu.html
Puspitasari, L. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Himpunan Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Kampak Trenggalek Semester Genap Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi tidak diterbitkan. Tulungagung: Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. [Online]. Tersedia: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/57/1/SKRIPSI%20LILIK%20PUSPITASARI.pdf
Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum. Yogyakarta: Yrama Widya.
Sudjana. 2005. Metode Statistik. Bandung: PT Tarsito Bandung.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wardana, P.E.P. dan Chandra, T.D. 2017. Penerapan Pembelajaran Problem Posing Untuk Meningkatkan Kemampuan Bertanya Siswa Kelas VII-G SMP Negeri 9 Malang. JKPM : Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, Vol. 1(1) : 82-89.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.