Analisis Keterampilan Berpikir Kreatif dan Level Metakognitif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah HOTS
DOI:
https://doi.org/10.31851/indiktika.v5i1.9450Keywords:
berpikir kreatif, HOTS, level metakognitifAbstract
Berpikir kreatif merupakan salah satu bagian dari kompetensi dalam berpikir tingkat tinggi yang dibutuhkan pada abad 21 serta dapat ditinjau berdasarkan level metakognitif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan berpikir kreatif dan level metakognitif siswa terkait menyelesaikan masalah tipe HOTS (High Order Thinking Skills). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian yaitu enam siswa kelas VIII-E SMP Negeri 8 Kota Kediri. Instrumen yang digunakan berupa lembar tes sebanyak tiga soal uraian dan pedoman wawancara. Temuan menunjukkan bahwa keterampilan bepikir kreatif siswa kemampuan tinggi pada soal HOTS lingkaran pada kategori sangat kreatif dan berada di level metakognitif 3 (strategic use), keterampilan berpikir kreatif siswa kemampuan sedang pada soal HOTS lingkaran pada kategori cukup kreatif dan berada di level metakognitif 2 (aware use), sedangkan kemampuan berpikir kreatif siswa kemampuan rendah pada soal HOTS lingkaran pada kategori kurang kreatif dan berada di level 1 (tacit use).
References
Al-Khayat, M. M. (2012). The Levels of Creative Thinking and Metacognitive Thinking Skills of Intermediate School in Jordan: Survey study. Canadian Social Science, 8(4), 52-61.
Andiyana, M. A., Maya, R., & Hidayat, W. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 239-248.
Aryani, I., & Maulida, M. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika melalui Higher Order Thinking Skill (HOTS). Jurnal Serambi Ilmu, 20(2), 274-290.
Astuti, N. (2019). Analisis Kesulitan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skill). Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (Sesiomadika), 415-426. Karawang: Universitas Singaperbangsa Karawang.
Ayazgök, B., & Aslan, H. (2014). The Review of Academic Perception, Level of Metacognitive Awareness and Reflective Thinking Skills of Science and Mathematic University Students. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 141, 781-790.
Darwati, I. M., & Purana, I. M. (2021). Problem Based Learning (PBL): Suatu model pembelajaran untuk mengembangkan cara berpikir kritis peserta didik. Widya Accarya, 12(1), 61-69.
Ego, I. D., & Mulyatna, F. (2020). Pengaruh Kebiasaan Berpikir Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta PGRI, 197-202. Jakarta: Universitas Indraprasta PGRI.
Faelasofi, R. (2017). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Pokok Bahasan Peluang. JURNAL E-DuMath, 3(2), 155-163.
Fanani, A., & Kusmaharti, D. (2018). Pengembangan Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill) di Sekolah Dasar Kelas V. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 1-11.
Faradisa, M. (2021). Pengembangan Soal HOTS Polinomial Matematika di Sekolah Menengah Atas. UIN Fatmawati Sukarno.
Fithri, S., Pada, A. U. T., Artika, W., Nurmaliah, C., & Hasanuddin, H. (2021). Implementasi LKPD Berbasis STEM untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(4), 555-564.
Fuldiaratman, F., Minarni, M., & Pamela, I. S. (2021). Keterampilan Metakognitif dalam Pemecahan Masalah Ditinjau dari Peserta Didik Ekstrovert. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 15(2), 2897-2906.
Goos, M. (2002). Understanding Metacognitive Failure. The Journal of Mathematical Behavior, 21(3), 283-302.
Habibi, H., & Suparman, S. (2020). Literasi Matematika dalam Menyambut PISA 2021 Berdasarkan Kecakapan Abad 21. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 57-64.
Harwanti, N. A. S., & Rumiati, A. T. (2021). Pengelompokkan Mutu Sekolah Dasar di Indonesia Berdasarkan Standar Nasional Pendidikan dengan Metode Fuzzy C-Means. Jurnal Sains dan Seni ITS, 9(2), D123-D129.
Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme for International Student Assesment): Upaya perbaikan bertumpu pada pendidikan anak usia dini. Jurnal Golden Age, 4(01), 30-41.
Huda, N., Sutawidjaja, A., Subanji, & Rahardjo, S. (2018). The Errors of Metacognitive Evaluation on Metacognitive Failure of Students In Mathematical Problem Solving. Journal of Physics: Conference Series, 1008, 012073.
Hudiono, B., & Nurasangaji, A. (2015). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pembelajaran Problem Posing pada Materi Bangun Datar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(1), 1-16.
Kristanto, P. D., & Setiawan, P. G. F. (2020). Pengembangan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) Terkait dengan Konteks Pedesaan. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 370-376.
Kurniati, D., Harimukti, R., & Jamil, N. A. (2016). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP di Kabupaten Jember dalam Menyelesaikan Soal Berstandar PISA. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 142-155.
Magiera, M. T., & Zawojewski, J. S. (2011). Characterizations of Social-Based and Self-Based Contexts Associated with Students’ Awareness, Evaluation, and Regulation of Their Thinking During Small-Group Mathematical Modeling. Journal for Research in Mathematics Education, 42(5), 486-520.
Mahanal, S., & Zubaidah, S. (2017). Model Pembelajaran Ricosre yang Berpotensi Memberdayakan Keterampilan Berpikir Kreatif. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(5), 676-685.
Meida, P., Misdalina, M., & Surmilasari, N. (2020). Metode Quantum Learning dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Negeri 5 Sekayu. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 2(2), 179-188.
Mohammad, A. G., Bakkar, B., & Suhail, A. Z. (2020). Metacognitive Thinking Skills Among Talented Science Education Students. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 8(2), 897-904.
Naimnule, M., & Asikin, M. (2020). Mathematics Problem Solving Ability in Terms of Adversity Quotient in Problem Based Learning Model With Peer Feedback. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 9(2), 222-228.
Nisrina, N., Sari, I. K., & Fitriati, F. (2021). Pengaruh Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 1 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 2(1), 1-13.
Nur, N. M., Lubis, H. A., Amalia, A., Sitepu, S. B., & Wandini, R. R. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif pada Pembelajaran Matematika dengan Menerapkan Model Drill. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 369-378.
Nurfatanah, N., Rusmono, R., & Nurjannah, N. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar dan Diskusi Pendidikan Dasar, 546-551. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.
Panjaitan, B. (2016). Karakteristik Metakognisi Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Tipe Kepribadian. Jurnal Ilmu Pendidikan, 21(1), 19-28.
Pereira, J., Aulingga, A., Ning, Y., & Vilela, A. (2022). Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Pisa Konten Space And Shape Berdasarkan Teori Newman. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(2), 317-326.
Pramono, A. J. (2017). Aktivitas Metakognitif Siswa SMP dalam Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Kemampuan Matematika. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(2), 133-142.
Purwaningrum, J. P. (2020). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Melalui Discovery Learning. Pasundan Journal of Mathematics Education Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 102-114.
Ristontowi, R., & Riwayati, S. (2020). Pengembangan Soal Open Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Mahasiswa. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3(1), 26-34.
Riwayati, S., Relawati, R., & Utami, I. (2022). Pengembangan LKS untuk Menumbuhkembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4(2), 129-139.
Sani, R. A. (2019). Pembelajaran Berbasis HOTS (High Order Thingking Skills). Jakarta: Tira Smart.
Saraswati, P. M. S., & Agustika, G. N. S. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 257-269.
Sari, A. P., Ikhsan, M., & Saminan, S. (2017). Proses Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Model Wallas. Beta Jurnal Tadris Matematika, 10(1), 18-32.
Setiana, D. S. (2018). Urgensi Pengembangan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Sendika, 4(1), 376-382.
Siswono, T. Y. E. (2007). Konstruksi teoritik tentang tingkat berpikir kreatif siswa dalam matematika. Jurnal Pendidikan, Forum Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 2(4),1-10.
Siswono, T. Y. E. (2016). Proses Berpikir Kreatif Siswa Dalam Memecahkan dan Mengajukan Masalah Matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(1), 60-68.
Suardipa, I. P. (2020). Kajian Creative Thinking Matematis dalam Inovasi Pembelajaran. Purwadita: Jurnal Agama dan Budaya, 3(2), 15-22.
Suryapuspitarini, B. K., Wardono, W., & Kartono, K. (2018). Analisis Soal-Soal Matematika Tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada Kurikulum 2013 untuk Mendukung Kemampuan Literasi Siswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 876-884.
Swartz, R., & Chang, A. (1998). Instructional Strategies for Thinking Classroom. Singapura: National Institute of Education.
Tohir, M. (2019). Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Olimpiade Matematika Berdasarkan Level Metakognisi. Alifmatika: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 1-14.
Wahyuningsih, P., & Waluya, S. B. (2017). Kemampuan Literasi Matematika Berdasarkan Metakognisi Siswa pada Pembelajaran CMP Berbantuan Onenote Class Notebook. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(1), 18-29.
Windasari, A. D., & Cholily, Y. M. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Memecahkan Masalah HOTS dalam Setting Model Kooperatif Jigsaw. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 623-631.
Wulan, E. R., & Ilmiyah, N. F. (2022). Prospective Mathematics Teachers’ Critical Thinking Processes in Dealing Truth-Seeking Problem with Contradictory Information. In 2nd National Conference on Mathematics Education 2021 (NaCoME 2021), 90-100. Atlantis Press.
Wulan, E. R., Subanji, S., & Muksar, M. (2021). Metacognitive Failure in Constructing Proof and How to Scaffold It. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 295-314.
Zakiah, N. E. (2020). Level Kemampuan Metakognitif Siswa dalam Pembelajaran Matematika Berdasarkan Gaya Kognitif. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(2), 132-147.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.