Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Soal Konteks Wisata Kebun Teh Gunung Dempo
DOI:
https://doi.org/10.31851/indiktika.v5i1.9678Keywords:
kemampuan pemecahan masalah, konteksAbstract
Salah satu kemampuan yang sangat penting bagi peserta didik ketika belajar matematika ialah kemampuan pemecahan masalah. Pada riset ini, dilakukan riset tentang kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada konteks wisata kebun teh Gunung Dempo. Riset ini merupakan gabungan penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik konteks wisata kebun teh Gunung Dempo. Data kemampuan pemecahan masalah didapat dari soal tes dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan yang pertama secara kuantitatif supaya bisa dilihat kriteria kemampuan pemecahan masalah kemudian dianalisa jawaban soal tes secara kualitatif. Penelitian ini mengambil tiga peserta didik jenjang SMP sebagai Subjek. Kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika pada konteks wisata kebun teh Gunung Dempo dapat dilihat pada temuan penelitian ini adalah sebagai berikut: kemampuan pemecahan masalah kategori sangat tinggi diperoleh Subjek S3; kemampuan pemecaham masalah dengan kategori tinggi diperoleh Subjek S1; kemampuan pemecahan masalah dengan kategori rendah diperoleh Subjek S2.
References
Aisyah, P. N., Yuliani, A., & Rohaeti, E. E. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Segiempat dan Segitiga. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 1025-1036.
Ariano, Z., Hartono, Y., & Septiati, E. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Pembelajaran Pemodelan Matematika di SMAN 1 Sanga Desa. Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 1(1), 55-64.
Arigiyati, T. A., & Istiqomah, I. (2016). Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah dengan Pembelajaran Learning Cycle dan Konvensional pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika FKIP UST. Union, 4(1), 356717.
Bernard, M., Nurmala, N., Mariam, S., & Rustyani, N. (2018). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP kelas IX pada materi bangun datar. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 2(2), 77-83.
Fitra, D. (2018). Penerapan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Inovasi Edukasi, 1(1), 1-7.
Harahap, E. R., & Surya, E. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII dalam Menyelesaikan Persamaan Linear Satu Variabel. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(01), 44-54.
Hermawati, H., Jumroh, J., & Sari, E. F. P. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Materi Kubus dan Balok di SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 141-152.
Islamiah, N., Purwaningsih, W. E., Akbar, P., & Bernard, M. (2018). Analisis hubungan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self confidence siswa SMP. Journal on Education, 1(1), 47-57.
Kamsurya, R. (2019). Desain Research: Penerapan Pendekatan PMRI Konsep Luas Permukaan dan Volum Kerucut untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 56-70.
Lutvaidah, U., & Hidayat, R. (2019). Pengaruh Ketelitian Membaca Soal Cerita Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 4(2), 179-188.
Nurhasanh, L. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Langkah Polya. Prosiding Sesiomadika, 2(1b).
Nurianti, E., Halini, & Ijudin, R. (2015). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Pecahan Bentuk Aljabar di Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(9), 1-10.
Purba, U. A., & Warmi, A. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Relasi dan Fungsi. PRISMA, 11(1), 82-92.
Putra, H. D., Thahiram, N. F., Ganiati, M., & Nuryana, D. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 6(2), 82-90.
Putri, R. S., Suryani, M., & Jufri, L. H. (2019). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 331-340.
Sriwahyuni, K., & Maryati, I. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Statistika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 335-344.
Yuliani, S. R., Setiawan, W., & Hendriana, H. (2019). Analisis Kesalahan Siswa SMP pada Materi Perbandingan Ditinjau dari Indikator Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Journal On Education, 1(2), 77-82.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.