Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPAS Kelas VI SD Bab 5 Cerita Tentang Daerahku, B. Daerahku dan Kekayaan Alamny
DOI:
https://doi.org/10.31851/scholastica.v5i2.12585Abstract
Abstract: This journal was compiled using PTK Research (Classroom Action Research). This research is based on observation, action planning, and reflection then this research is cyclical and so on. in a class action. This research begins with the ability of students to improve learning. Which starts from a case that is found in the learning experienced by educators and students. The subjects of this study were the students of class VI at SDN 2 Jabung Ganwarno, Klaten, which consisted of 15 students. The object of this research is active participation in student learning. This study uses a qualitative approach. The research was made with the aim of increasing critical thinking skills by using the Problem Base Learning model with 15 class VI students at SDN 2 Jabung Gantwarno, Klaten. increased significantly, from below 80% the percentage that had the (less good) category increased to 80% with the Good category. Then followed by cycle II which has a higher percentage than cycle I, namely with a percentage of 90% higher and has a very good category
Keywords: Learning outcomesCritical Thinking, Problem Base Learning Model, Independent Curriculum
Abstrak: Jurnal ini disusun dengan menggunakan Penelitian PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Penelitian ini berasis observasi, perencanaan pelaksanaan tindakan, dan refleksi kemudian penelitian ini bersifat bersiklus dan seterusya. pada suatu tindakan kelas. Penelitian ini berawal kemampuan peserta didik dalam untuk peningkatan dalam pembelajaran. Yang berawal dari suatu kasus yang terdapat pada pembelajaran yang dialami oleh pendidik dan peserta didik. Subjek penelitian ini yakni peserta didik kelas VI SDN 2 Jabung Gantiwarno, Klaten yang terdiri dari 15 peserta didik. Objek penelitian ini yakni dari partisipasi keaktifan dalam pembelajaran peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian dibuat bertujuan untuk peningkatan kemampuan berpikir kritis dengan mengguakan model Problem Base Learing dengan peserta didik 15 kelas VI disekolah SDN 2 Jabung Gantiwarno, Klaten . meningkat secara signifikan, yang sebelumnya mendapatkan dibawah 80% persetase yang mempunyai kategori (kurang baik) meningkat menjadi 80% dengan kategori Baik. Kemudian disusul dengan siklus II yang mempunyai persetase lebih tinggi daripada siklus I yakni dengan persentase 90% lebih tinggi dan mempunyai kategori sangat baik.
Kata kunci: Hasil Belajar, Model Problem Base Learning, Kurikulum Merdeka