Pengaruh Penggunaan Media Flip Chart Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Tema 6 Subtema 1 Pembelajan 3 Kelas V Di SDI Al-Munawwar Tulungagung
DOI:
https://doi.org/10.31851/scholastica.v5i2.12692Abstract
Abstrak: Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif quasi eksperimen (eksperimen semu), desain penelitian ini adalah tipe Nonequivalent Control Group Design. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan 1)Angket motivasi belajar 2)Dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis statistics descriptive, N-Gain Score dan Independent Sample t-test dengan bantuan software SPSS 16.0. Penelitian ini di latar belakangi oleh adanya permasalahan peserta didik yang kurang antusias dan semangat selama mengikuti proses pembelajaran tematik. Hal ini disebabkan kurangnya motivasi belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran, pembelajaran yang masih berpusat pada guru dengan penyampaian materi yang masih sangat konvensional, Subjek penelitian ini yakni peserta didik kelas V SDI Al-Munawwar Tulungagung. yag terdiri dari 50 peserta didik. peneliti berupaya untuk mencari jalan keluar atas permasalahan tersebut, dengan cara meningkatkan motivasi belajar siswa melalui penggunaan media flip chart. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; kelas eksperimen didapatkan (Mean= 44,81,Std.deviation=10,97), kelas kontrol didapatkan (Mean= 21,38, Std.deviation=11,42);t(48)=7,396, dan Sig. 0,00, p<0,05 (two tailed). Perbedaan N-Gain score motivasi belajar siswa sebesar 23.43 dengan taraf kepercayaan 95%. Untuk perhitungan effect size yaitu dengan menggunakan uji cohen’s diperoleh 2,0 dan termasuk kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak.