STUDI LITERATUR: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR DI PEMBELAJARAN IPA
DOI:
https://doi.org/10.31851/scholastica.v6i2.13919Abstract
: Tujuan dari studi literatur atau kepustakaan ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap peningkatan hasil belajar siswa sekolah dasar di pembelajaran IPA. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian studi literatur (literature study). Subjek dalam penelitin ini adalah literature dalam bentuk jurnal yang membahas mengenai pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap peningkatan hasil belajar siswa sekolah dasar dipembelajaran IPA. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan mengumpulkan kajian-kajian pustaka atau literature review berupa jurnal nasional, jurnal internsional dan artikel yang relevan Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian studi literature ini yaitu analisis konten (content analyisis). Jumlah kajian jurnal yang di reviuw mencapai 20 jurnal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap peningkatan hasil belajar siswa sekolah dasar dipembelajaran IPA sangat mendukung. Dapat dilihat pada saat mengunakan model PBL di proses pembelajaran. Subjek penelitin secara detail dapat dilihat pada link berikut:
bit.ly/3R5mq2pKata kunci: PBL, Hasil belajar, SD, IPA